7 Pola Hidup Sehat Sesuai Anjuran Rasullullah SAW

  • Bagikan
freepik

KEKER. FAJAR. CO. ID- Hai Sobat KeKeR, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal penting dalam ajaran Islam. Sebab tubuh yang sehat dapat membuat seseorang bisa menjalani aktivitas serta ibadah dengan jiwa yang baik dan pikiran seimbang.

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang tidak menjaga kesehatan yang baik adalah kurangnya pengetahuan. Rasulullah SAW sebagai sosok teladan umat manusia ternyata telah mengajarkan umatnya tentang cara hidup sehat.

Dilansir dari CNBC Indonesia, berikut kebiasaan yang bisa dipelajari dan diikuti tentang gaya hidup sehat Nabi Muhammad SAW:

1. Makan secukupnya

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makan sehat dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan. Studi menunjukkan bahwa seseorang harus secara teratur mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, tidak hanya untuk pemeliharaan berat badan, tetapi juga untuk meningkatkan tingkat energi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kualitas hidup dan membantu pencegahan penyakit.

2. Makan dan minum secara perlahan

Dibutuhkan sekitar 20 menit sejak seseorang mulai makan agar otak mengirimkan sinyal kenyang. Sebuah studi tentang obesitas di Amerika Utara menunjukkan bahwa pria dan wanita yang kelebihan berat badan mengonsumsi lebih sedikit kalori saat mereka memperlambat laju makan normal mereka. Makan dan minum yang lambat akan membantu kita makan lebih sedikit dan memperbaiki pencernaan kita, dan itu adalah praktik yang dilakukan Nabi Muhammad SAW sendiri dan sangat dianjurkan.

3. Olahraga

Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan latihan fisik. Nabi memiliki sejumlah olahraga favorit yang meliputi memanah, menunggang kuda dan unta, dan berlari. Orang yang berolahraga secara teratur memiliki kemungkinan hingga 24% lebih kecil untuk terkena kanker tertentu.

4. Menjaga kebersihan gigi

Tahukah Anda bahwa kesehatan mulut kita memberikan petunjuk tentang kesehatan kita secara keseluruhan? Masalah di mulut kita dapat mempengaruhi seluruh tubuh kita. Studi menunjukkan bahwa bakteri mulut dan peradangan yang terkait dengan bentuk penyakit gusi yang parah (periodontitis) bisa menyebabkan komplikasi kehamilan dan kelahiran, dan beberapa penyakit seperti penyakit kardiovaskular dan pneumonia. Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kebersihan gigi dan gusi yang baik melalui menyikat gigi dan mencuci mulut dengan air.

5. Puasa

Selama berpuasa, konsumsi kalori seringkali berkisar antara nol hingga 25% dari kebutuhan kalori. Praktik ini telah terbukti menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres oksidatif, dan mengurangi peradangan secara keseluruhan. Puasa adalah praktik rutin Nabi Muhammad SAW, tidak hanya selama bulan Ramadhan. Nabi akan berpuasa setiap hari Senin dan Kamis dan juga pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan Islam.

6. Makan madu dan kurma

Nabi Muhammad SAW memiliki pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi, misalnya makan kurma, madu, zaitun, dan sebagainya. Biasanya, Rasulullah SAW mengonsumsi segelas air putih dicampur dengan madu ketika sarapan. Madu memang memiliki banyak manfaat yakni terhindari dari risiko penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, dan lainnya.

7. Jaga kebersihan tangan

Selanjutnya, gaya hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW yang bisa diikuti adalah mencuci tangan. Nabi Muhammad SAW adalah seseorang yang selalu menyempurnakan wudhunya. Nabi Muhammad mencuci tanganya sampai ke sela-sela hingga bersih. Tidak heran jika Nabi tidak pernah mengalami gangguan pencernaan atau sakit perut, walaupun makan dengan menggunakan tangan.

Nah sobat KeKeR, Itulah pola sehat sesuai anjuran Rasulullah, segera dicontoh yah sobat.

Den Santi, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan