Begini loh Pentingnya Mengenal Jati Diri Sejak Dini

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halloww Sobat KeKeR,t ernyata masih banyak lo yang belum mengenal jati diri mereka. Masih banyak yang bertanya-tanya Sebenarnya saya punya jati diri nggak ya! Yuk kita bahas.

Banyak remaja yang masih dalam proses mengenal jati diri mereka, dan bahkan sering merasa bingung atau bertanya-tanya tentang bagaimana cara untuk mengenal jati diri, Mulai la terbuka untuk beberapa hal dengan cara mengesplorasi minat dan bakat serta merefleksikan diri.

Salah satu siswi SMA Katolik Rajawali, Putry Frizilia mengatakan bahwa Mengenal jati diri itu merupakan langkah penting dalam memahami siapa kita sebenarnya apa yang membuat kita unik dengan berbeda dari orang lain.

“Karena mengenal jati diri merupakan langkah awal dalam mencari dan menentukan sebuah mimpi membantu kita memahami siapa kita sebenarnya, apa yang kita inginkan, dan apa yang kita mampu capai,” curhat Putri Frizilia.

Berbeda pendapat dengan Suci Aulia Siswi dari SMKN 5 Makassar mengatakan bahwa dengan mengenal jati diri, kita jadi bisa lebih fokus dan pede dalam meraih apa yang kita mau dalam hidup.

“Saya sendiri merasakan bahwa mengenal jati diri kita itu sangat penting dan tentunya kita lebih percaya diri,” kata Suci.

Dr. Erik Erikson, salah satu tokoh terkenal di bidang psikologi perkembangan remaja, mengatakan bahwa pentingnya mengenal identitas diri dalam masa remaja.

“Menurutnya remaja berada dalam tahap identitas versus peran kebingungan, di mana mereka berusaha mencari dan mendefinisikan identitas mereka sendiri. Pengenalan dan pemahaman yang baik terhadap identitas diri ini penting karena mempengaruhi perkembangan individu secara menyeluruh,” pungkasnya.

Reporter: Jesica Kamelia

  • Bagikan