Penyebab Badan Pegal-pegal saat Bangun Tidur, Termasuk Kurang Tidur

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID. Halo Sobat KeKeR, badan pegal-pegal saat bangun tidur bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti posisi tidur yang salah, kurang tidur, dan masalah kesehatan tertentu.

Namun, tubuh yang terasa pegal-pegal dan disertai dengan gejala yang lainnya bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius, seperti radang sendi dan lupus.

Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa kondisi yang membuat Kamu terbangun dengan badan yang pegal-pegal.

Posisi tidur yang salah

Tidur dengan posisi yang salah, seperti dengan posisi tengkurap, bisa membuat tubuh terasa pegal saat bangun tidur.

Bahkan, Kamu bisa mengalami kerusakan otot jika tidur dengan posisi tulang belakang yang tertekuk atau memutar selama lebih dari 10 menit.

Fibromyalgia

Tubuh yang terasa nyeri, kelelahan, dan memiliki otot yang kaku adalah gejala fibromyalgia, atau masalah kesehatan kronis yang membuat seluruh terasa tubuh sakit dan nyeri.

Penyebab fibromyalgia tidak diketahui secara pasti, namun usia yang sudah senja dan mengidap lupus atau radang sendi bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan ini.

Infeksi dan virus

Flu, selesma, dan infeksi virus atau bakteri yang lainnya dapat membuat tubuh terasa nyeri dan sakit. Saat mengalami infeksi, sistem imun tubuh akan mengirimkan sel darah putih untuk melawannya sehingga akan menyebabkan inflamasi dan membuat tubuh terasa kaku dan pegal-pegal.

Retensi cairan

Inflamasi dan pembengkakan akan terjadi ketika tubuh mengalami retensi cairan sehingga otot terasa sakit dan pegal.

Beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan ini, yakni gangguan tiroid, sirosis, dan penyakit ginjal kronis.

Alfina Ali Dollah, Mahasiswa Fbs, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan