Strategi Pintar Menjaga Kesehatan Baterai: Tips dan Trik untuk Smartphone, Laptop, dan iPhone

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID- Halo Sobat KeKer. Baterai adalah komponen yang sangat penting dalam perangkat elektronik kita. Oleh karena itu, menjaga kesehatan baterai adalah hal yang sangat penting. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menjaga kesehatan baterai smartphone, laptop, dan iPhone anda.

Untuk Smartphone

1.Jangan biarkan baterai habis total

Selalu berusaha untuk menghentikan proses pengecasan daya baterai apabila sudah penuh. Hal ini untuk mencegah arus tegangan yang dialirkan terus berjalan dan menghindari smartphone menjadi panas.

2.Hindari suhu ekstrim

Hindari menggunakan ponsel sama sekali jika suhu di bawah titik beku (0 derajat Celcius). Jika kamu tinggal di daerah yang sangat dingin dan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, gunakan casing ponsel berinsulasi.

3.Isi daya pada suhu ideal

Hanya isi daya baterai kamu pada suhu antara 5 derajat Celcius dan 35 derajat Celcius.

Untuk Laptop

1.Gunakan kabel charger original

Kabel charger asli dirancang khusus sesuai dengan spesifikasi laptop kamu, sehingga baik untuk kesehatan baterai. Menggunakan charger KW yang tidak berkualitas hanya akan mengganggu arus listrik di laptop dan bisa merusak laptop kamu.

2.Hindari Overcharging

Jangan biarkan laptop terus-menerus diisi daya setelah baterai mencapai 100%. Laptop modern biasanya memiliki perlindungan untuk mencegah overcharging, tetapi lebih baik melepaskan daya atau menggunakan mode pengisian daya yang terbatas jika laptop tersambung dalam jangka waktu yang lama.

3.Hindari Pengosongan Total

Usahakan untuk tidak membiarkan baterai laptop kamu sampai kosong total. Hal ini bisa merusak kapasitas baterai dan mengurangi umur baterai.

Untuk iPhone

1.Lakukan pembaruan perangkat lunak secara rutin

Pembaruan perangkat lunak atau versi sistem operasi biasanya bakal membawa fitur-fitur yang penting untuk iPhone, termasuk fitur yang memungkinkan untuk menjaga kesehatan baterai.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan baterai. Misalnya, hindari menggunakan perangkat saat sedang di-charge, gunakan mode hemat baterai jika perlu, dan matikan fitur yang tidak perlu yang bisa menguras baterai. Dengan cara-cara ini, kamu bisa menjaga kesehatan baterai perangkatmu dan memperpanjang umurnya.

Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu!

Nur Afni Safira Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Fajar Sedang Magang Jurnalistik di Fajar

  • Bagikan