Ini 5 Tips Ampuh Berkenalan dengan Orang Baru

  • Bagikan

3. Gunakan analogi bawang

Kenapa bawang merah? Jika Kamu memotong bawang merah, Kamu akan melihat lapisan-lapisan bawang merah. Hal ini sama seperti interaksi antar manusia, lapisan luar berisi informasi-informasi umum seperti nama, usia, dan tempat tinggal. Semakin dalam lapisannya, semakin lekat informasi tersebut dengan kehidupan pribadi orang tersebut.

Jadi, ketika baru berkenalan dengan seseorang ikutilah analogi bawang merah ini dengan memulai obrolan dari hal-hal umum terlebih dahulu. Setelah satu per lapisan sudah Kamu lewati, Kamu baru bisa mulai menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi. Kamu juga harus terbuka dengan pertanyaan balik sehingga komunikasi bisa berjalan lebih lancar.

4. Buat dia penasaran dan hentikan ketika dia mulai tampak tidak peduli

Ketika mulai berkenalan dengan orang baru dan Kamu mulai bertanya beberapa hal, perkenalkanlah diri Kamu sesekali. Contohnya Kamu bisa memberi tahu daerah asalmu ataupun kesibukan yang saat ini sedang Kamu jalani.

Ketika dia mulai penasaran dan menanyakan hal lain mengenai dirimu, jawablah pertanyaan itu selama hal itu tidak terlalu mengganggu Kamu. Dengan begitu akan terbentuk kedekatan emosional yang lebih sehingga Kamu berpotensi mengembangkan relasi ini di masa depan. Namun, jika dia sudah terlihat mulai tidak tertarik, Kamu sebaiknya mulai berhenti menceritakan dirimu sendiri hingga dia bertanya lagi.

5. Jangan hanya sekadar mengobrol saja, lakukan pembicaraan yang berisi juga

Ketika bertemu orang baru, alasan lawan bicara Kamu bersedia untuk berkenalan biasanya sama dengan Kamu, yaitu memperluas relasi dan kesempatan. Oleh karena itu, Kamu juga harus sedikit membahas hal-hal yang berisi, tetapi tetap ringan. Misalkan tips dan trik naik kereta ketika Kamu berkenalan di kereta. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version