7 Tips Mengurangi Nyeri Haid yang Bikin Tidak Nyaman

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Sakit haid atau dismenore adalah masalah umum yang dialami banyak wanita saat datang bulan. Itu bisa bikin tidak nyaman loh, mulai dari ringan sampai sakit yang sangat hebat, yang bisa membuat sulit untuk beraktivitas sehari-hari.

Rasa sakit kram pada perut selama haid dipengaruhi oleh umumnya dikenal sebagai PMS (Pre-menstrual syndrome). PMS hadir dengan gejala menjelang datang bulan, kayak perut kembung dan perubahan emosi yang selalu bikin badmood.

Nyeri haid bukan hanya soal kram perut dan pegal pada punggung saja. Beberapa wanita mengalami nyeri menstruasi yang bervariasi rasa sakitnya. Kemudian, ada juga sebagian perempuan yang juga merasakan mual dan muntah, pusing, dan nyeri yang menjalar ke seluruh tubuh hingga sulit untuk beraktivitas.

Dilansir dari halodoc.com, inilah 7 Tips untuk mengurangi rasa nyeri haid, yaitu diantaranya:

1. Kompres Air Hangat

Menerapkan panas ke area perut mampu meredakan nyeri yang kamu rasakan. Kamu bisa mengisi air hangat ke dalam botol atau bantal pemanas untuk ditempelkan ke bagian perut. Panas yang terhantar ke perut dapat mengendurkan otot dan meredakan kram.

Selain itu, panas membantu otot rahim dan organ di sekitarnya rileks yang otomatis meredakan kram dan ketidaknyamanan. Kamu juga dapat menempatkan bantal pemanas di punggung bawah untuk menghilangkan sakit punggung.

2. Olahraga Ringan

Kalau kamu berpikir bahwa olahraga wajib kamu hindari saat nyeri haid, maka kamu salah besar. Faktanya, olahraga adalah hal yang dokter anjurkan saat nyeri karena mampu meringankan rasa sakit.
Olahraga berat mungkin tidak dokter anjurkan saat kamu merasa kesakitan. Namun, peregangan ringan, atau berjalan-jalan akan membantu.

3. Akupuntur

Akupunktur mampu meredakan kram menstruasi.
Selain dapat mendorong pelepasan endorfin, perawatan ini dapat mengurangi peradangan dan membantu wanita lebih rileks.

4. Pijat

Cara meredakan nyeri haid lainnya, yaitu melakukan pijatan lembut di area atas perut. Tujuannya untuk merilekskan otot-otot panggul dan mengurangi kram. Sebelum memijat, kamu bisa mengoleskan minyak pijat, body lotion, atau minyak kelapa ke kulit agar lebih mudah.

5. Mengoleskan Minyak Esensial

Menggunakan minyak esensial tentunya merasa lebih lega dari kram menstruasi daripada yang hanya menggunakan minyak pembawa.
Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa menambahkan beberapa tetes setidaknya satu dari minyak esensial ini ke minyak pembawa untuk memijat perut.

6. Mengubah Pola Makan

Melakukan beberapa perubahan dalam pola makan dapat mengurangi kram menstruasi. Langkah ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, protein tanpa lemak dan biji-bijian membantu tubuh tetap sehat. Jangan lupa pula untuk memenuhi asupan cairan dengan minum air putih, kaldu dari sup atau teh herbal agar tubuh tetap terhidrasi. Alasannya, dehidrasi nyatanya menjadi penyebab umum terjadinya kram otot.

7. Yoga

Terakhir, Aktivitas fisik yang satu ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk daerah panggul, sehingga dapat membantu mengurangi nyeri kram. Gerakan yoga tertentu seperti pose cat-cow atau supine twist inilah yang bertugas membantu mengendurkan otot perut, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi ketegangan di panggul.

Nah, itulah teman-teman tips untuk mengurangi nyeri haid, buat kalian cewe-cewe jangan lupa ikuti tips diatas yah.

~ Nur Zakiatil Khashashah

  • Bagikan

Exit mobile version