5 Penyebab Remaja Putri Ternyata Rentan Terkena Anemia

  • Bagikan
freepik

KEKER. FAJAR. CO.ID – Hai sobat KeKeR! Kondisi kekurangan sel darah merah di dalam tubuh atau yang lebih dikenal dengan anemia bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak remaja.

Namun, remaja putri dikatakan lebih berisiko untuk mengalami kondisi tersebut. Anemia bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan mudah lelah. Sekilas Tentang Anemia dilansir dari Halodoc.com

Sel darah merah memiliki peran penting dalam tubuh untuk mendistribusikan hemoglobin, yaitu protein yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa sel darah merah yang cukup, maka banyak organ dalam tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen yang cukup. Akibatnya, organ-organ tersebut tidak bisa bekerja dengan baik.

Anemia juga bisa terjadi pada masa remaja. Namun, dibandingkan remaja putra, remaja putri berisiko lebih tinggi mengalami anemia. Salah satu alasannya karena remaja putri sudah mengalami menstruasi setiap bulannya.

Menstruasi menyebabkan hilangnya banyak sel darah merah dari dalam tubuh. Apalagi bila menstruasi berlangsung cukup lama dan jumlah darah yang keluar sangat banyak, maka tubuh akan kekurangan zat besi. Selain itu, kebanyakan remaja putri juga makan lebih sedikit daging merah dibanding remaja putra.

Berikut ini faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko remaja putri terkena anemia:

1.Mengonsumsi sedikit makanan yang mengandung zat besi, seperti daging, telur, dan sereal

2.Memiliki aktivitas fisik yang cukup tinggi, terutama atlet remaja putri

3.Menjalani diet vegetarian atau vegan

4.Mengalami perdarahan menstruasi berlebih

5.Obesitas

Bagi remaja putri yang memiliki risiko tinggi terserang anemia tersebut, American Academy of Pediatric merekomendasikan untuk lebih sering melakukan cek jumlah sel darah merah di tubuh mereka.

Shabrina Indriani Herman, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar yang Sedang Melakukan Magang di Fajar

  • Bagikan

Exit mobile version