Ini Loh 5 Cara Mencegah dan Menghilangkan Karang Gigi

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hmm, katanya tersenyum itu bisa membuat kamu dan siapapun bahagia loh. Tapi, coba bayangkan kalau senyuman malah bikin orang ilfeel dan bisa buat kita malu karena ada karang gigi. Apa jadinya yah?

Nah, makanya penting untuk mengetahui cara mencegah munculnya karang gigi, yuk simak dibawah ini.

Dilansir dari iik.ac.id, berikut 5 cara mencegah dan menghilangkan karang gigi.

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari, setiap pagi dan malam sebelum tidur, dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Pastikan kamu menyikat gigi dengan benar, yaitu dengan gerakan lembut dan memutar pada setiap permukaan gigi selama setidaknya dua menit. Sikat gigi yang baik membantu mengurangi pembentukan plak gigi.

2. Gunakan Benang Gigi (Dental Floss)

Selain menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi adalah langkah penting untuk menghilangkan karang gigi yang terbentuk di area yang sulit dijangkau oleh sakit gigi. Gunakan benang gigi secara hati-hati agar tidak melukai gusi, dan lakukan setidaknya sekali sehari.

3. Kumur dengan Larutan Antiseptik

Menggunakan larutan antiseptik atau obat kumur yang direkomendasikan oleh dokter gigi dapat membantu membunuh bakteri di mulut, termasuk yang berperan dalam pembentukan karang gigi.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa murni untuk menghilangkan karang gigi. Sebab, minyak kelapa mengandung antioksidan dan asam laurat yang dapat membantu membasmi bakteri jahat di dalam mulut. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kamu perlu berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 5-10 menit.

4. Membatasi Konsumsi Makanan Manis

Bakteri dalam mulut cenderung menyukai makanan manis dan karbohidrat yang mudah diubah menjadi asam oleh bakteri, sehingga menyebabkan pembentukan plak gigi lebih cepat. Kamu harus membatasi konsumsi makanan manis dan lengket serta minuman bergula untuk menjaga kesehatan gigi.
Sebaliknya, kamu perlu memperbanyak makan buah dan sayuran. Hal ini dikarenakan buah dan sayuran membantu meningkatkan produk air liur, yang berfungsi membilas kotoran, sisa-sisa makanan, hingga bakteri di dalam mulut.

5. Kunjungi Dokter Gigi secara Teratur

Melakukan pemeriksaan gigi dan pembersihan profesional secara rutin sangat penting. Dokter gigi akan membersihkan karang gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi biasa, menggunakan alat khusus.

Selain itu, pilih produk perawatan gigi yang tepat, seperti sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut untuk melindungi gusi, pasta gigi yang mengandung fluoride, dan benang gigi yang sesuai dengan kebutuhan gigi kamu.

Nah, itulah tadi kelima cara untuk mencegah dan menghilangkan karang gigi. Buat sobat KeKeR, jangan lupa untuk ikuti tips diatas yah.

Nur Zakiatil Khashashah

  • Bagikan