Me Time Salah Satu Kunci Kebahagiaan dan Kesehatan Mental

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKer, Tak jarang kita terjebak dalam lingkaran stres dan kelelahan di tengah kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan modern. Kita dapat merasa terkuras dan lelah karena beban pekerjaan, tuntutan keluarga dan sosial, serta berbagai tanggung jawab lainnya.

Dalam kondisi seperti ini, penting untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri, yang dikenal sebagai me time.
Me time sering dianggap sebagai membuang waktu atau perilaku egois. Padahal, memiliki waktu luang yang tepat adalah kunci untuk kesehatan mental dan kebahagiaan.

Saat kita memiliki waktu luang, kita dapat melepaskan diri dari stres dan kesibukan kehidupan sehari-hari, melakukan hal-hal yang kita sukai, dan fokus pada diri kita sendiri.
Dilansir dari Verywell Mind, terdapat beberapa manfaat dari meluangkan waktu untuk diri sendiri :

1. Dapat Mengeksplorasi Diri

Merasa nyaman dengan diri sendiri memungkinkan kamu menikmati passion dengan bebas. Ini adalah kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru, mempelajari topik yang menarik, memperoleh pengetahuan tambahan, dan bahkan berbicara dengan cara yang berbeda.

Untuk tumbuh dan berkembang, kamu perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri, bebas dari tekanan dan pandangan orang lain. Kita dapat berkonsentrasi pada diri kita sendiri tanpa mempertimbangkan keinginan, kebutuhan, atau pendapat orang lain.

2. Mengasah Kreativitas

Waktu sendirian tidak hanya membantu kamu bersantai, tetapi juga membantu kamu menjadi lebih kreatif. Karena kita bebas dari orang lain, otak kita dapat bekerja dengan bebas dan menemukan ide-ide baru.

Studi menunjukkan bahwa orang yang sering menghabiskan waktu sendiri lebih kreatif. Ini disebabkan oleh fakta bahwa ketika seorang diri, otak berkonsentrasi pada aktivitas imajinasi dan berkonsentrasi pada diri sendiri.

3. Memperkaya Kehidupan Sosial

Sangat mungkin untuk memiliki keyakinan negatif tentang diri sendiri. Namun demikian, penelitian menunjukkan bahwa individu yang tinggal sendiri mungkin memiliki energi sosial dan kehidupan sosial yang lebih kaya daripada individu yang tinggal bersama orang lain.

Kebutuhan Akan Me Time Berdasarkan Jenis Kepribadian

Bergantung pada kepribadian dan preferensi, setiap orang memiliki kebutuhan waktu sendirian yang berbeda.

Mungkin lebih sulit bagi ekstrovert untuk tinggal sendiri karena mereka biasanya lebih bahagia saat berada di sekitar orang lain. Introvert, di sisi lain, mendapatkan energi dari kesendirian.

Meskipun demikian, ini tidak berarti ekstrovert tidak bisa menikmati waktu sendirian. Menurut penelitian, baik ekstrovert maupun introvert menyukai kesendirian.
Menurut psikolog sosial Thuy-vy Thi Nguyen, orang yang percaya diri dengan pilihan dan keyakinan mereka lebih cenderung tertarik dan melihat nilai dalam menghabiskan waktu sendirian.

Mulai Rencanakan Me Time Kamu

Melakukan me time dengan cara yang tepat dapat bermanfaat untuk kesehatan mental kamu. Berikut beberapa tipsnya :

Atur Waktunya

•Rencanakan waktu me time dan masukkan ke dalam jadwal.

•Beri tahu orang lain agar mereka tidak mengganggu kamu.

Jangan Keseringan Bersosial Media

•Matikan media sosial untuk menghilangkan gangguan.

•Fokus pada diri sendiri, bukan pada apa yang dilakukan orang lain

Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan

•Rencanakan kegiatan yang ingin kamu lakukan saat me time.

•Bisa bersantai, menjelajahi hobi, atau membaca buku.

Habiskan Waktu di Alam

•Berjalan-jalan di luar terbukti bermanfaat untuk kesehatan mental.

•Manfaatkan waktu sendirian untuk menikmati alam.

Temukan Cara yang Cocok

•Cobalah berbagai kegiatan untuk menemukan apa yang paling kamu sukai.

•Lakukan me time secara rutin agar mendapatkan manfaatnya.

Ingat yah Sobat KeKer, bahwa menghabiskan waktu dengan diri sendiri lebih penting daripada menghindari orang lain. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dan nikmati hasilnya untuk kesehatan mental kalian.

Putri Wulandari, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

  • Bagikan