Berbagai Ide Konten Instagram dengan CTA yang Bisa Meningkatkan Engagement

  • Bagikan

Media sosial khususnya Instagram telah menjadi platform untuk membangun hubungan antara sebuah perusahaan atau brand dengan customer atau audiensnya. Namun, tantangan utama yang dihadapi banyak brand adalah bagaimana menciptakan konten yang tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga mendorong interaksi yang tinggi.Sebenarnya, salah satu cara efektif untuk mencapainya adalah dengan membuat sebuah pilar konten di mana topiknya harus relevan dan relate dengan banyak orang, lalu pastikan meletakkan Call to Action (CTA) yang tepat dalam setiap konten tersebut. Digital Merketing Agency seperti Belajarlagi juga biasanya memiliki strategi lainagar Content bisa meningkatkan engagement.

Namun, pada pembahasan kali ini kita fokus pada ide konten dan CTA terlebih dahulu. 

Contoh Ide dan Pilar Konten Instagram

Untuk memudahkan Anda, di bawah ini ada tiga ide konten Instagram yang tidak hanya menarik tetapi juga dilengkapi dengan CTA yang berpotensi meningkatkan engagement audiens Anda!

1. Konten Berbasis Kuis atau Polling di Story

Tujuannya mengajak audiens untuk berpartisipasi dalam memilih polling dan cara ini biasanya cukup efektif untuk meningkatkan interaksi. Jika perusahaan Anda bergerak di industri keuangan misalnya, Anda dapat membuat polling seperti:

  • Contoh Konten:

“Bagaimana cara Anda mencatat pengeluaran dan mengelola keuangan bulanan?”

A. Menggunakan Aplikasi Keuangan

B. Manual dengan Membuat Pembukuan di Excel’

Caption di Story:

“Bagi Anda yang mencatat pengeluaran secara manual di Excel, tertarik tidak bila Mimin berikan template money management yang ringkas, praktis, dan mudah dipahami?”

CTA yang Bisa Anda buat:

“Coba dm mimin dengan pesan ‘mau template’ ya, Mimin kasih gratis!”

Konten topiknya bisa dibuat relevan agar membantu Anda memahami preferensi audiens, yang nantinya dapat digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih personal.

2. Tutorial Singkat dengan Pertanyaan Terbuka Melalui Reels

Tutorial singkat tentang produk atau layanan Anda dapat memberikan kemudahan bagi audiens. Jika perusahaan Anda di bidang e-commerce, buatlah video singkat tentang cara menggunakan fitur pencarian atau filter produk di platform Anda

  • Contoh Konten:

“Mimin penasaran, di sini siapa yang udah gunain fitur filter ‘produk yang sedang promo?’ Ini lho cara menemukan produk dengan diskon terbesar di situs XYZ dalam hitungan detik!'”

CTA Caption

Cobain deh fitur itu! Lalu, tulis pengalaman kamu di kolom komentar produk apa yang kamu cari?”

  • Bagikan