Siswa MAN 2 Model Makassar Ciptakan Robot Pintar SCP-01, Si Perawat Tanaman Otomatis

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo gaes, ide dan kreativitas pemuda Indonesia emang nggak ada abisnya. Buktinya, teman kita Siswa MAN 2 Model Makassar, Laode Muh Fitra dan Khairul Mifta Sumaruddin, berhasil menciptakan robot yang bisa merawat tanaman secara otomatis.

Robot yang diberi nama SCP-01 ini bisa mengurus tanaman mulai dari menyiram hingga mengetahui kelembapan tanah. Uniknya, robot yang dilengkapi dengan sensor soil mesture ini, bisa dikontrol melalui smartphone.

Bacaan Lainnya

Tidak butuh waktu lama untuk Laode dan Mifta menyelesaikan robot buatannya. Hanya empat hari saja gaes. Uuuhhh amazing.

Keduanya mengaku membuat robot pintar SCP-01 atas tawaran guru mereka untuk mengikuti lomba Madrasah Robotic Competition (MRC). Mereka terinspirasi membuat sebuah robot yang dapat merawat tanaman otomatis yang akan mempermudah pekerjaan manusia. “Awalnya kami juga ditelpon oleh guru sekolah disuruh ikut lomba MRC, meskipun waktunya cukup sedikit, kami bisa menyelesaikan ide yang kami pikirkan. Awalnya memang sudah kepikiran membuat robot yang merawat tanaman otomatis dan bisa dikontrol melalui jaringan. Apalagi nantinya dengan adanya robot ini mempermudah pekerjaan manusia,” ucap Mifta.

Pos terkait