Jangan Takut, Atasi Xenophobia dengan Cara Ini

  • Bagikan
Photo by Muizzu Khaidir

Komentar lain juga datang dari Siswa SMAN 2 Gowa, Nur Ikhwan Alfiansyah. Ia bilang, meskipun rasa takut terkadang muncul, tapi doi selalu memberanikan dirinya untuk selalu welcome dengan cara berpikir positif tentang orang tersebut. “Kadang kita takut jika ada orang asing yang bertujuan jelek terhadap kita. Tapi, itu juga biasanya hanya pikiran kita, jadi saya kalau ketemu orang asing selalu paksa diri saya untuk berpikir positif saja tentang dia,” beber cowok yang hobi main game itu.

Cara orang menanggapi orang asing memang berbeda-beda yah gais. Ada yang welcome, ada yang tertutup, tapi ada juga loh yang mengambil pelajaran dari sebuah pertemuan seperti itu.

Psikolog Dwipayana, Syarvia Lukman, MPsi, Psikolog mengatakan, bahwa salah satu cara agar seseorang bisa terhindar dari xenophobia adalah dengan melatih dan membiasakan diri untuk bertemu dengan orang asing.”Step by step mempelajari bagaimana kehidupan orang yang berbeda budaya, suku, dan ras dengan kita sehingga pada saat bertemu tidak muncul rasa kaget ataupun ketidaknyamanan pada orang tersebut,” ungkapnya.(*)

  • Bagikan