Yuk Intip 4 Tips Mengatasi Gigi Berlubang, Pasang Crown Gigi

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Gigi berlubang merupakan keluhan yang umum terjadi pada gigi, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Kondisi ini sulit terdeteksi karena umumnya tidak menimbulkan nyeri pada tahap awal. Oleh sebab itu, pemeriksaan gigi perlu dilakukan secara berkala teman-teman.

Nah, dilansir dari alodokter.com, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit gigi antara lain:

1. Memberikan Fluoride

Jika lubang pada gigi masih dalam tahap awal dan tergolong ringan, perawatan dengan fluoride bisa dijadikan solusi untuk memperkuat dan memperbaiki enamel gigi yang rusak. Caranya adalah dengan mengoleskan fluoride dalam bentuk cair, busa, gel, atau pasta ke gigi selama beberapa menit.

2. Menambal Gigi

Menambal gigi merupakan cara menghilangkan sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi yang akan dilakukan oleh dokter bila telah menimbulkan perubahan warna gigi, perubahan struktur gigi, rasa nyeri tiba-tiba tanpa sebab, serta nyeri saat mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, dingin, atau panas.

3. Menggunakan Crown Gigi

Untuk kerusakan gigi yang lebih parah atau gigi rapuh, dokter biasanya akan membuatkan crown gigi khusus yang ditempatkan di atas gigi untuk menggantikan seluruh mahkota alami gigi. Mahkota buatan ini bisa terbuat dari emas, porselen, atau resin.

4. Pemasangan Crown Gigi Permanen

Setelah crown gigi selesai dibuat, dokter akan melepas crown gigi sementara dan membersihkan sisa-sisanya agar crown permanen bisa menempel dengan baik. Sesudah proses pasang crown gigi permanen selesai dan gigi sudah terasa nyaman, Anda diperbolehkan untuk pulang.

Buat teman-teman yang merasakan nyeri pada gigi karena berlubang, yuk lakukan tips diatas.

~ Nur Zakiatil Khashashah

  • Bagikan