Siswa SMK SMTI Makassar Membuat Minuman Cokelat Bebas Pengawet

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halooo sobat KeKeR, SiswaSMK SMTI Makassar kembali menunjukkan kemampuannya nih. Yup, mereka berhasil menyulap biji cokelat utuh alias kakao menjadi minuman cokelat lezat dan nikmat. Wowww.

Cokelatku, adalah nama dari produk yang berhasil dibuat oleh Mu’adz Rasyid Habib dan kawan-kawannya. Meskipun memiliki rasa yang sama dengan minuman cokelat pada umumnya, tapi produk yang satu ini tidak mengandung bahan pengawet loh gais.

Bacaan Lainnya

Mu’adz mengatakan bahwa dalam pembuatan Cokelatku, harus melewati banyak proses untuk mengubah biji kakao menjadi bubuk. Dalam proses penghalusan tersebut setidaknya harus melewati sembilan mesin.

“Pertama-tama yaitu pengeringan biji kakao secara mekanis, lanjut sortasi biji kakao, grading, kemudian memisahkan daging biji dari kulit, lalu menyangrai biji dan daging kakao sekaligus menghilangkan rasa pekatnya,” bebernya.

Tak sampai di situ, biji kakao kemudian dibuat pasta halus. Memisahkan lemak dan bungkil, kemudian mengubah bungkil menjadi bubuk. Cokelat bubuk inilah yang kemudian dipanaskan hingga mengering dan dicampur dengan gula. Terakhir, dicampur lagi dengan susu creamer.

Pos terkait