Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar Gigih Belajar hingga ke Prancis

  • Whatsapp
Photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola Sobat KeKeR, kenalan yuk dengan teman kita Aldian Kurnia Mansjur. Siswa yang awalnya biasa saja di sekolah, namun terpilih ikut pertukaran pelajar di Prancis.

Yup, Aldian sapaannya, adalah Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar yang awalnya kurang menonjol di sekolah. Ia bukan siswa berprestasi di kelas maupun pemenang lomba seperti kawannya yang lain. Namun, setelah duduk di bangku kelas XI, kemauannya untuk ikut pertukaran pelajar di luar negeri sangat kuat. Ia pun gigih belajar dan berhasil lolos ke Prancis.

Bacaan Lainnya

Saat mendaftar tahun 2017 lalu, ia harus lewati serangkaian tes. Pengetahuan umum, psikologi, bahasa Inggris, wawancara, hingga pembekalan materi selama tiga bulan lamanya. Ditambah persiapan diri selama empat bulan. “Saat proses pendaftaran yaitu tahap pemberkasan harus teliti, karena satu kali ditolak dan akan ditolak terus, untuk persiapannya semuanya delapan bulan sebelum berangkat ke negara yang dipilih,” ucap cowok hobi main futsal ini.

Aldian sempat merasa pesimis loh gaes, tapi berkat dukungan dari keluarga yang pernah mengikuti program pertukaran pelajar mulai dari ayah hingga ketiga kakaknya membuatnya termotivasi, bukan terbebani.

Saat pengumuman tahun 2018 ia lolos dan berangkat ke Prancis dan menjadi pelajar di negara romantis itu selama setahun, membuatnya banyak mendapatkan pelajaran, seperti disiplin alias tepat waktu dan belajar public speaking, di mana saat pulang ke Indonesia ia terapkan dalam kehidupan sehari-harinya.

“Ikut organisasi misalnya dan menjadi ketua osis, beberapa kali jadi pemateri webinar tentang pertukaran pelajar, hingga kegiatan anak muda lainnya,” beber anak bungsu dari tiga bersaudara ini.

Pos terkait