Drone Fixed Wing, Inovasi Baru Siswa SMK Telkom Makassar

  • Bagikan
photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo Sobat KeKeR, pelajar dari SMK Telkom Makassar ubah barang bekas jadi barang dengan nilai guna yang tinggi nih. Wow, makin kreatif dan inovatif yak! Kereeen.

Yup, siswa SMK Telkom Makassar berhasil menyulap gabus alias styrofoam menjadi pesawat Drone Fixed Wing. Dinamai Pesawat Fixed Wing karena Drone ini sebagian besar mengandalkan kedua sayapnya untuk terbang.

Drone yang dirakit oleh Rasyidah Maharani Sasongko, Muhammad Fathir Arhaj, dan Yuyun Nurul Sri Rezky Baharuddin itu dibuat hanya dalam kurun waktu dua hari loh guys. Bagi mereka, membuatnya cukup mudah.

Rasyidah Maharani Sasongko bilang, yang harus sangat diperhatikan dalam pembuatan pesawat adalah proses modelingnya, di mana setiap sisi harus sesuai dengan diameter yang telah ditentukan. “Jika ada yang tidak sesuai atau berbeda walau sekian cm saja, itu hasilnya akan jadi jelek alias susah untuk terbang,” beber siswi kelas XII itu.

Kawan Rasyidah, Muhammad Fathir Arhaj menjelaskan, Drone Fixed Wing terdiri dari beberapa komponen yakni styrofoam, kawat payung, tripleks, motor brushless, dan motor servo untuk menggerakkan sayap. “Ada sekitar tujuh komponen, sudah termasuk baterai dan remote Drone,” pungkasnya.

  • Bagikan