Pelajar SMK-SMAK Makassar Sulap Cangkang Telur Jadi Pasta Gigi

  • Bagikan
photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai gaes, kepikiran nggak sih kalau cangkang telur bisa jadi pasta gigi? Nah di tangan pelajar SMK-SMAK Makassar (SMAKMA), Arfansyah limbah telur bebek bisa loh jadi pasta gigi.

Berawal dari project work sekolahnya bertemakan farmasi, doi tercetus ide membuat pasta gigi dari cangkang telur bebek. Sebab, cangkang tersebut banyak mengandung kalsium dan magnesium, cocok digunakan sebagai bahan dasar pasta gigi. Pasta gigi tersebut pun dinamai D’Eggsodent.

Pemikiran lain dipilihnya cangkang telur bebek, karena menurut Appang-sapaannya, ini banyak ditemukan di sekitarnya. Walau kadang digunakan sebagai hiasan, tapi ia lebih tertarik memanfaatkanmya dalam dunia kesehatan, yaitu pasti gigi. “Sangat jarang dimanfaatkan dalam dunia kesehatan, terus mengandung banyak kalisum karbonat yang berfungsi sebagai bahan abrasif pada pasta gigi,” jelas cowok yang hobi main badminton ini.

Proses pembuatannya berlangsung selama dua sampai tiga hari, mulai dari pemilihan cangkang telur bebek, pembersihan, pengeringan, hingga penggilingan. Bahan yang digunakan ada kayu siwak, jeruk nipis, nhcl, soda kue, pipermint oil, gliserin, dan gom arab.

  • Bagikan