Sajian Khas Lebaran Orang Bugis, Begini Cara Membuat Tape yang Wajib Kamu Coba

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKerR udah pada tahu atau cobain belum makanan satu yang satu ini? Yaps Tape, makanan satu ini merupakan sajin wajib yang ada saat lebaran orang bugis. Kata orang bugis sih gak lengkap kalau lebaran tanpa sajian ini.

Dalam bahasa bugis makanan ini dikenal dengan sebutan Gambang. Dengan ciri khas bentuk yang bulat dengan warna hitam dan sedikit keunguan membuat makanan ini sedikit terlihat berbeda, apalagi jika disandingkan dengan olahan masakan lebaran lainnya.

Tape biasa disajikan makanan penutup setelah mencicipi berbagai makan berat saat lebaran, bisa disebut bahwa tape disajikan sebagai kue saat lebaran. Tape sendiri memiliki rasa yang manis dengan tekstur lembek dan memiliki air.

Buat SoKeR yang pengen nyobain, banyak cara nih buat makanya. Karna aat ini tape bukan hanya dinikmati seperti biasa, banyak olahan makanan yang bisa cobain dengan cendol, biar makin nikmat SoKeR.

Nah, buat kalian yang udah perasaan banget tapi tidak tahu harus coba dimana. Kamu juga bisa buat sendiri loh, karna bahan dan pembuatan cukup mudah.

Berikut ini merupakan cara membuat tape ketan hitam sederhana dan mudah dicoba di rumah.

Bahan-bahan

1/2 kg beras ketan hitam

Air secukupnya untuk mengukus

Gula secukupnya

1/2 butir ragi

Langkah-langkah

1.Siapkan Bahan

Siapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat tape ketan hitam. Kemudian, cuci bersih beras ketan hitam terlebih dahulu. Pastikan ketika mencucinya sambil diremas-remas. Cuci beras sampai airnya agak jernih.

2.Kukus Beras Ketan

Siapkan dandang dan isikan dengan air secukupnya. Tuangkan beras ketan hitam yang telah dicuci hingga bersih. Kukus beras ketan hitam selama 10 menit.

  • Bagikan

Exit mobile version