Yuk Jaga Kesehatan Mata, Begini Kata Sobat Keker Tentang Miopi Sejak Dini

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuu SoKeR bermain gadget berlebihan atau keseringan membaca dengan jarak dekat bisa membuat kamu mengalami mata miopi atau rabun jauh loh. Wah kamu harus waspada nih!

Di masa sekarang, sangat banyak dijumpai para remaja yang menderita rabun jauh loh gaes. Mata miopi atau rabun jauh merupakan gangguan pada mata yang menyebabkan seseorang tidak mampu melihat objek yang letaknya jauh secara jelas atau biasa kita kenal dengan mata minus.

Rabun jauh biasanya disebabkan akibat pola hidup yang kurang sehat, seperti keseringan bermain gadget secara berlebihan, kekurangan vitamin D pada tubuh, atau justru karena turunan gen.

Siswa SMAN 17 Makassar, Lathifa Ramadhani, mengungkapkan bahwa dirinya telah menderita rabun jauh sejak kecil. Ia bilang tepat saat duduk dibangku kelas 4 SD baru iketahui bahwa dirinya menderita mata miopi atau rabun jauh. Namun, seiring berjalannya waktu karena jarang menggunakan kacamata, cewek yang akrab disapa Lathifa ini mengaku mulai merasakan ada hal aneh dengan matanya. Setelah dicek, dirinya tak hanya menderita mata minus saja, tetapi plus dan silinder juga.

“Awalnya saya malas pake kacamata ada kurang lebih setahun saya lepas kacamata, dan setelah itu saya mulai merasa ada yang aneh dengan mataku. saya kembali cek ke dokter. Jujur saat itu dokterku kaget karena masih SMP mata saya sudah dapat plus, trus pake lagi kacamata minus, ditambah ada silinder. Kata dokter ini penyebabnya karena matanya terlalu dipaksa,” ungkapnya.

Latifa mengaku ketika memeriksakan gejala awal yang dirasakannya dan didiagnosis bahwa dirinya menderita miopi atau rabun jauh dirinya tak merasa kaget karena salah satu faktor besar yang mempengaruhi dirinya menderita rabun jauh ialah keturunan genetik kedua orang tuanya.

  • Bagikan