Anti Gugup, Begini Loh Cara Menyampaikan Presentasi di Depan Orang Banyak

  • Bagikan
ASEHPRYANTO RARI PARINDING/FAJAR

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR, kamu sering nervous saat tampil di depan orang banyak? Atau public speaking kamu nggak bagus? Huhuh, tenang gaes kamu cuma perlu banyak membaca dan berlatih.

Terampil saat berbicara di depan umum adalah kemampuan yang tidak dimiliki oleh semua orang. Pasti banyak di antara Soker yang merasa gugup ketika ingin berbicara di depan umum, saat melakukan presentasi misalnya.

Dalam proses pembelajaran di sekolah, seringkali kamu diminta untuk melakukan presentasi di hadapan teman-teman. Kesuksesan sebuah presentasi sangat ditentukan oleh kemampuan kita dalam menyampaikan materi agar lebih mudah dipahami oleh pendengar. Jika kamu tipe orang yang sering demam panggung saat presentasi jangan khawatir, kamu bukan satu-satunya yang seperti itu.

Hal serupa juga dirasakan oleh siswa SMAN 8 Makassar yang akrab disapa Rayhan. Ia bilang sering merasa takut jika penyampaiannya sulit dimengerti oleh audiens, dari rasa takut tersebut doi mencoba untuk lebih rileks dan membawakan presentasi dengan santai serta tidak terburu-buru.

Cowok humoris itu meyakini bahwa rasa takut saat presentasi itu disebabkan karena doi kurang membaca dan memahami materi yang ingin disampaikan. “Membaca materi sebelum presentasi itu sangat membantu, karena semakin banyak kita membaca, maka semakin mudah untuk di pahami dan dipresentasikan kepada teman-teman kelas”, tuturnya.

  • Bagikan