Jangan Gengsi Mengucapkan Terima Kasih Tolong dan Maaf

  • Bagikan
MUHAMMAD ARFANDY/FAJAR

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hellooww SoKer, kamu sulit nggak sih mengungkapkan maaf, tolong, dan terima kasih? Hmm, kalau kamu orang yang masuk circle itu, yuk belajar ngucapin! Jangan gengsi, karena kata-kata maaf, tolong, dan terima kasih itu sederhana tapi maknanya besar loh.

Kata maaf, tolong, dan terima kasih adalah kata yang paling sederhana untuk kita ungkapkan. Namun, terkadang banyak hal yang membuat kata itu sulit untuk kita ekspresikan. Bahkan secara sadar atau tidak sadar menyakiti hati seseorang, kita malah terlihat biasa saja dan saat kita telah mendapat bantuan, kita lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Mungkin dari segi rasa gengsi di dalam diri seseorang atau merasa hubungan mereka sangat dekat, sehingga kata itu tidak perlu lagi diungkapkan. Novena dari SMA 6 Palopo turut berkomentar bahwa sebenarnya tidak sulit untuk mengungkapkan kata tersebut. Namun, kadang terkendala karena rasa canggung dalam mengucapkannya. “Kata ini sangat penting karena merupakan dasar etika berbicara kepada orang lain, dengan membiasakan mengungkapkan itu kamu tidak akan kesulitan lagi,” tutur Novena.

Andi Alif Fathurrahman dari SMPN 7 Makassar turut berpendapat kalau kata tersebut doi ucapkan pada saat butuh saja. Misalnya untuk maaf ia ucapkan pada saat melukai ataupun berbuat salah kepada orang lain. Tolong ia katakan pada saat pekerjaan yang tidak sanggupi dikerjakan sendiri ,maka ia akan meminta tolong. Kemudian terima kasih pada saat doi telah dibantu atau ditolong.

  • Bagikan