Yuk Jadi Remaja Gaul dengan Mengunjungi Tempat Bersejarah

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Holaaa SoKeR, zaman sekarang para remaja kebanyakan mengunjungi tempat-tempat yang lebih kekinian atau yang sedang viral pada saat ini. Pernah gak sih kamu berpikiran untuk mengunjungi tempat bersejarah?

Yapps, rasanya kita sudah sangat asing dengan ilmu sejarah atau mengisi waktu luang dengan mengunjungi bebagai tempat bersejarah untuk tahu apa sih kejadian yang terjadi di tempat tersebut pada masa lampau. Padahal ada berbagai macam tempat bersejarah yang bisa kita kunjungi, yang paling umum adalah museum. Museum adalah lembaga yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Museum berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian atau sekadar kesenangan dan hiburan. Hmmm, gaulnya dapat, ilmunya juga dapat. Keren dong!

Orie Priscylla Mapeda Lumalan dari SMA Katolik Cenderawasih Makassar yang sangat suka akan sejarah turut berkomentar kalau doski suka banget sama tempat bersejarah, biasanya ia menjadikan tempat healing-nya ke sana karena banyak hal yang bisa ia pelajari dan Orie tidak merasa bosan, tidak seperti di cafe atau mall. “Saya sangat senang mengunjungi tempat bersejarah, agar saya dapat mencocokkan apa yang saya dapat di sekolah dan saya juga bisa lihat langsung gimana kejadian pada saat itu dengan sajian miniatur-miniatur yang ada. Tempat sejarah yang pernah saya kunjungi adalah Benteng Rotterdam, Benteng Somba Opu, Museum Lagaligo, Monas, dan Museum di kalimantan timur,” kata Priscylla.

Siti Sahrani dari SMAN 1 Makassar bilang kalau sekedar jalan-jalan saja biasanya ia ke mall dan cafe, itupun kalau tidak punya waktu lama untuk jalan-jalan. Ia kalau punya banyak waktu pasti datang berkunjung ke tempat bersejarah, soalnya bisa sambil mempelajari hal-hal yang jarang atau bahkan yang tak ia ketahui.”Kalau bahas soal ke tempat bersejarah Rara pernah banget, kalau ke sana itu pasti Rara sediain catatan untuk nyatat apa saja yang dipajang. Nah perasaan Rara pasti senang karena kita mempelajari hal baru dan kiya tau sejarah-sejarah yang terjadi sebelumnya seperti apa, senang plus seru, ” cuap cewek yang akrab disapa Rara

Nah, beda lagi dengan doski yang satu ini. Tri Intan Mutiara dari SMAN 1 Parepare lebih suka tempat yang kekinian. “Karena jarang memiliki waktu senggang akhirnya tempat yang saya selalu kunjungi hanya cafe dan taman hiburan lainnya. Saya cukup senang dengan mengunjungi tempat yang lagi nge-hitz pada saat ini dan saya senang kerja tugas bersama teman-teman di cafe karena lebih nyaman,” tutur Tri.

Suriana S Pd M Pd selaku Kepala Sekolah SMP Athirah Bukit Baruga, mengaku telah mengupayakan agar siswa mereka tidak lupa dengan sejarah. Anak-anak sekolah zaman sekarang lebih senang ke tempat kekinian dari pada ke tempat bersejarah, karena kini segala informasi lebih terserap cepat melalui media sosial, keseharian mereka tidak lepas dari gadget tentu memengaruhi sikap dan karakter mereka.

  • Bagikan