Kurangi Makanan Berminyak, Ini Alternatif Mengolah Makanan Selain Digoreng

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo-halo, kalian setuju nggak, kalau gorengan merupakan salah satu makanan terenak yang ada? Sensasi crispy dan karamelisasi saat memakan gorengan memang memanjakan mulut. Tapi tahukah kamu, mengonsumsi makanan dengan kandungan minyak tinggi secara berlebihan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh loh.

Misalnya saja, resiko terkena obesitas meningkat ketika keseringan memakan makanan berminyak. Pasalnya, makanan-makanan ini merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak jahat dalam jumlah besar. Dimana satu gram lemak mengandung sekitar 9 kalori yang ditransfer ke tubuh.Lemak ini pula dapat meningkatkan terjadinya diabetes dan penyakit jantung.

Menurut penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health, orang yang mengkonsumsi makanan berminyak 4-6 kali seminggu beresiko 39% mengalami diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsinya. Pengaruh buruk lainnya adalah resiko stroke, gangguan fungsi pada otak serta munculnya masalah pencernaan.Lumayan banyak juga ya, dampak buruk makanan berminyak.

Untuk meminimalisir terjadinya dampak berbahaya itu, ada beberapa alternatif masak lain yang dapat Sobat KeKeR lakukan nih. Berikut ulasannya, dibaca baik-baik ya!

1.Merebus

Rebus merupakan metode memasak dimana air atau kaldu masakan dipanaskan hingga mendidih, kemudian dimasukkan bahan makanan dan ditunggu hingga matang. Makanan rebus mudah dicena loh. Olahan ini punya banyak manfaat, seperti merawat kondisi rambut, memperbaiki kondisi kulit, dsb. Biasanya bahan yang dapat diolah dengan metode merebus adalah sup oyong telur, sup buah bit, salad roll, sup kakap merah, dan lainnya.

2.Panggang

Teknik ini mengandalkan panas udara kering tanpa terkena api secara langsung. Jadi apinya tidak langsung terkena oleh wadah pemasak dan bahkan biasnya kondisinya jauh dari bahan makanan yang dimasak loh gengs. Teknik ini biasanya memakan waktu yang lama, mengingat untuk mendapatkan aroma kayu yang diinginkan saat memanggang tidaklah sebentar.

  • Bagikan