Mengenal Pola Pikir Growth Mindset vs Fixed Mindset #Part1

  • Bagikan
Mindset Opposite Positivity Negativity Thinking Concept

Pola pikir growth mindset juga membuat kita selalu terinspirasi dengan kisah-kisah sukses yang dimiliki orang lain. Kita tidak akan merasa terancam dengan kesuksesan orang lain. Pola pikir growth mindset membuat kita merasa lebih bebas dalam hidup. Kita mengetahui bahwa memiliki kendali penuh atas diri sendiri dan hal-hal yang dilakukan.

Sedangkan Pola pikir fixed mindset merupakan pola pikir yang bertolak belakang dengan growth mindset. Jika growth mindset memungkinkan kita untuk menerima setiap informasi, fixed mindset membuat kita sulit untuk belajar dari pengalaman. Orang-orang yang memiliki pola pikir fixed mindset sulit untuk membuat perubahan yang nyata.

Orang-orang dengan pola pikir fixed mindset tidak akan merasa aman. Mereka tidak suka menghadapi tantangan dan mudah menyerah terhadap tantangan yang dihadapi. Mereka akan melihat bahwa upaya yang dihasilkan hanyalah sebuah sia-sia dan melihat umpan balik sebagai hal negatif.

Fixed mindset membuat kita tidak bersemangat dan merasa terancam saat melihat keberhasilan orang lain. Hal ini juga dapat membuat kita tidak memiliki hubungan dan keterlibatan yang besar dalam tim. Orang-orang dengan pola pikir fixed mindset mungkin saja berhasil mencapai kesuksesan, tetapi mereka tidak akan mampu mencapai potensi tertinggi yang dimiliki. Mengapa? Karena mereka dihantui oleh ketakutan, ketidakamanan, ketidakpastian dan juga kesombongan.Lantas bagaimana sih cara agar kita memiliki pola pikir Growth Mindset? Tungguin #part2 nya yaa.

  • Bagikan