Belajar Sendiri atau Bimbel, Begini Komentar Sobat Keker

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai gaes, zaman sekarang sudah tersebar banyak tempat bimbingan belajar atau yang sering disingkat bimbel. Peminatnya pun nggak sedikit, apalagi di kalangan pelajar SMA. Tapi di sisi lain, beberapa siswa masih sanggup dan lebih nyaman belajar sendiri tanpa bimbel.

Nah, pasti kamu pernah berpikir bahwa ikut bimbel lebih efektif dari pada belajar mandiri. Padahal sebenarnya tak ada keharusan ikut bimbel. Sah-sah saja kalauSoKeR memutuskan untuk tak ikut bimbel. Eits, bukan berarti mereka yang ikut bimbel salah, yah.

Kamu punya pilihan masing-masing. Dalam hal ini, tak ada pilihan yang benar atau salah asalkan kamu tahu apa konsekuensi dari pilihan yang kamu ambil dan apa plus minusnya belajar mandiri dan bergabung dengan bimbingan belajar.

Seperti Meisy Vivid dari SMA Islam Athirah 2 Bukit Baruga. Doski bilang bahwa belajar mandiri lebih efektif karena tidak ada batasan materi saat belajar dan lebih mudah memahami pelajaran. “lebih efektif belajar sendiri, karna kalau belajar sendiri kita tidak perlu memakai batasan materi, tidak seperti bimbel perharinya ada batas materinya lalu dilanjut hari selanjutnya,” katanya.

Berbeda dengan cewek cantik dari SMK SMAK Makassar, Nur Salsabillah. Bimbel lebih efektif ketika ingin belajar, karena ketika belajar doski lebih suka saat ada seseorang yang bisa menjelaskan materi, dan ketika ada yang kurang dipahami doski langsung ingin menanyakan materi tersebut.

“Menurut saya lebih efektif bimbel. Karena saya tipe orang yang cepat bosan ketika belajar. Jadi ketika bimbel maka saya akan lebih tertarik dan saya lebih suka di jelaskan, ataupun ada hal yang tidak di pahami. Dapat langsung di tanyakan pada pengajar,” cuapnya.

  • Bagikan