13 Tips dan Trik Buat Kamu yang Sekolah atau Kuliah di Luar Kota

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, bukan rahasia lagi kalau hidup jauh dari orang tua adalah tantangan yang super duper berat bagi kebanyakan orang. Apalagi yang baru ngerasain sekolah atau kuliah dan tinggal sendiri di luar kota

Mungkin banyak yang menganggap jika hidup merantau bakalan mudah kalau memiliki banyak uang. Tapi nyatanya uang nggak menjamin anak rantau bisa survive di kota orang lho!

Merangkun dari laman blogunik.com, berikut tips dan trik bertahan hidup ketika sekolah atau kuliah di perantauan yang bisa kamu terapkan di kota ataupun negeri orang agar kehidupan kamu bisa aman dan lancar hingga tujuan tercapai. Yuk disimak!

1. Cari Tahu Tentang Kotanya

Kalau kamu mau sekolah atau kuliah di luar kota, jangan asal pindah begitu saja, kamu harus mengenal seperti apa situasi di kota ataupun daerah yang akan kamu diami.

Jangan ragu menelusuri daerah tersebut untuk memastikan tempat tinggal kamu di sana mudah diakses oleh transportasi umum dan juga tempat-tempat umum.

2. Percaya Diri

Kamu harus meningkatkan percaya diri, karena ditempat baru nanti kamu perlu berkomunikasi dengan banyak orang. Sikap percaya diri juga wajib kamu miliki agar kamu yakin bahwa kamu bisa hidup mandiri jauh dari rumah tanpa kehadiran orang tua.

3. Mampu Beradaptasi

Saat memutuskan untuk sekolah atau kuliah di luar kota atau ke daerah lain, maka semua hal akan terasa baru olehmu, mulai dari tempat tinggal, lingkungan, kebudayaan hingga teman. Maka dari itu kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat sangatlah penting untuk dimiliki.

Sebisa mungkin jangan samakan perilaku kamu saat berada di lingkungan tempat tinggalmu dengan lingkungan tempat kamu merantau. Pahami bahwa setiap daerah mempunyai aturannya masing-masing dan kamu harus bisa mengikuti aturan dari tempat rantauanmu.

4. Jaga Sikap dan Tata Krama

Tunjukkan juga kesan baikmu kepada orang-orang sekitar lingkungan tempatmu merantau agar mereka bisa mengenalmu dengan baik, sehingga ketika nanti kamu sewaktu-waktu memiliki masalah, kamu bisa dengan mudah meminta bantuan kepada mereka.

Sebaliknya, jika kamu bersikap kurang sopan dan tidak menjaga tata krama, orang-orang sekitar tempat tinggalmu di rantauan tidak akan mau berdekatan denganmu dan tidak akan mau membantumu.

5. Menjalin Komunikasi yang Baik

Selain menjaga sikap dan tata krama, kamu juga harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan orang-orang sekitar kamu. Menjalin komunikasi yang baik dengan tetangga, teman kost, teman kuliah ataupun rekan kerja sangat wajib dilakukan karena suatu hari nanti kamu akan membutuhkan mereka.

6. Bijak Berteman

Salah pergaulan selama di perantauan dapat mengubah tabiat dan kehidupanmu meskipun kamu awalnya merupakan anak baik. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam bergaul.

Jangan terlalu mudah memercayai orang lain dan carilah orang-orang berkualitas dan membawa pengaruh positif untuk berada di dalam lingkaran pergaulan terdekatmu.

7. Tempat Kost

Bila kamu anak rantau yang bermodal pas-pasan, maka tinggal di kost-kost’an lebih baik dibandingkan tinggal di apartemen. Carilah tempat kost yang bisa membuat kamu nyaman dengan fasilitas yang memadai.

Sebisa mungkin carilah yang lokasinya nggak terlalu jauh dengan kampus ataupun tempat kerja kamu. Sehingga kamu bisa menghemat biaya transportasi dan menghindari macet.

  • Bagikan