13 Tips dan Trik Buat Kamu yang Sekolah atau Kuliah di Luar Kota

  • Bagikan

8. Hemat dan Menabung

Hindari pengeluaran yang tidak penting khususnya bagi kamu yang masih bergantung pada biaya hidup yang diberikan orang tua. Sebaiknya utamakan kebutuhan utama daripada membeli barang-barang yang bersifat keinginan dan belum tentu dibutuhkan.

Selain itu, belajarlah untuk menabung dan menyisihkan keuangan kamu untuk dana darurat untuk berjaga-jaga dengan segala situasi dan kondisi yang mungkin saja terjadi.

9. Tidak Malu Bertanya

Hidup merantau jauh dari orang tua dan keluarga artinya kamu memang harus bisa mengurus segala sesuatunya sendiri. Bila ada hal-hal yang tidak kamu mengerti, jangan ragu untuk bertanya kepada orang-orang sekitarmu, baik itu teman kost, tetangga ataupun teman kerja untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan.

Jika kamu malu-malu dan tidak berani bertanya mengenai informasi yang kamu butuhkan maka hal tersebut akan menyusahkan kamu sebagai anak rantau.

10. Kurangi Mengeluh

Saat kamu menjalani kehidupan di tanah rantau, masalah mungkin akan tetap menghampiri. Namun kamu harus kuat dan tegar menjalaninya serta jangan mudah mengeluh.

Dengan menghadapi setiap masalah tanpa keluhan, juga dapat menunjukkan kalau kamu sudah belajar untuk lebih bertanggung jawab.

11. Manajemen Waktu

Perlu disadari bahwa sukses tidaknya kamu di perantauan akan ditentukan dirimu sendiri. Selagi belum terlambat, belajarlah membagi waktu dengan baik. Sbaiknya kamu membuat to do list harian kamu agar kamu bisa membagi waktu 24 jam menjadi lebih efisien.

Jika kamu hanya membuang-buang waktu dengan banyak mengurus media sosial, kamu akan menyesal ketika ada banyak target yang tidak tercapai.

12. Belajar Memasak

Meski membeli makanan di luar bisa lebih praktis, namun kamu perlu belajar memasak lho. Selain lebih hemat, memasak sendiri juga terjamin lebih bersih dan sehat karena kamu sendiri yang memasaknya.

Jika tempat tinggal di perantauan sudah dibekali fasilitas dapur, kamu hanya perlu mencoba bereksperimen.

13. Jaga Kesehatan

Dan yang terpenting adalah selalu jaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan memperhatikan pola makan. Meski kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, namun sebisa mungkin selalau jaga kesehatan karena tidak ada keluarga yang akan membantumu ketika kamu sakit.

Tidak perlu mencari olahraga berat yang membuat lelah. Mulailah dengan berjalan santai atau lari pagi di sekitar lokasi tempat tinggal atau melakukan olahraga ringan di dalam kost. Usahakan untuk berolahraga secara rutin meskipun hanya sebentar.

Nah itu dia beberapa tips dan trik untuk kamu yang sekolah atau kuliah di luar kota. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan