Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Kamu Mengadopsi Kucing

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai, SokeR, Punya tingkah menggemaskan, kucing menjadi salah satu hewan yang populer dipelihara di Indonesia. Berdasarkan survei oleh Rakuten Insight pada Januari 2021, sebanyak 47% penjawab dari Indonesia memilih kucing sebagai hewan peliharaan, loh!

Memelihara kucing yang punya tingkah imut dan bisa diajak bermain mungkin terdengar menyenangkan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pemilik sekaligus pengurus salah satu cat house di Makassar, Putra memaparkan beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengadopsi kucing. Yuk, disimak!

1.Jenis Bulu

Dari segi bulu, kucing dibedakan menjadi kucing shorthair dan kucing longhair. Kucing shorthair contohnya adalah kucing kampung yang banyak ditemui di jalan. Contoh lainnya adalah kucing British Shorthair yang memiliki banyak peminat. Sedangkan untuk kucing longhair beberapa di antaranya yaitu kucing Persia, Ragdoll, Angora, dan Maine Coon.Baik kucing dengan shorthair maupun longhair, membutuhkan perawatan yang sama. Akan tetapi, apabila kucing berbulu lebat maka lebih baik berada di tempat dengan cuaca yang sejuk. “Analoginya seperti manusia kalau tinggal di daerah tropis terus pakai mantel bulu pasti gerah dan tidak tahan. Pada kucing bulunya akan lebih mudah rontok menyesuaikan lingkungan,” jelas Putra.

2.Makanan

Sebelum memelihara kucing, SokeR perlu tahu kalau kucing adalah hewan karnivora. Oleh karena itu, ia butuh protein bukan karbohidrat. Dada ayam rebus merupakan makanan yang paling bagus untuk kucing karena sehat serta alami tanpa pengawet dan pewarna. Sedangkan, makanan yang mengandung banyak karbohidrat dari tepung kurang baik diberikan pada kucing terutama kucing jantan yang sering mengalami penyakit kencing batu.

3.Penyakit

  • Bagikan