Hair Care Routine untuk Kulit Kepala dan Rambut Kamu

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo sobat KeKeR, .au tahu rutinitas kamu untuk merawat kulit kepala dan rambut dirumah tuh apa aja sih. pakah hanya shampoo-an saja, atau shampoo dan kondisioner, atau rajin menggunakan hair oil juga?

Anyway dari survey kecil-kecilan yang pernah aku lakuin, masih banyak banget orang yang hanya rutin shampoo-an aja lho, kondisioner hanya sesekali apalagi hair mask. Padahal kulit kepala dan rambut tuh Nggak kalah penting lho sama kulit. Pasti rutinitas perawatan kulit kalian Nggak Cuma cuci muka deh. Minimal banget face cleanser, moisturizer atau pelembab, dan sunscreen. Ya kaann.

Kalau kita tidak rajin merawat kulit kepala dan rambut akan ada banyak dampak negatif lho seperti: Kulit kepala berketombe Kulit kepala berminyak sehingga mudah bau apek dan rambut mudah lepek Kulit kepala gatal-gatal dan kemerahan Rambut mudah rontok Batang rambut kering dan bercabang

Batang rambut rapuh dan mudah putus jika dicatok (Apa?!! Putus?! Iyesss. Jadi kalau kamu lihat ada rambut-rambut rontok dilantai itu bukan berarti rontok dari akar lho tapi bisa jadi putus dari tengah karena rambut yang rapuh sehingga ketika dicatok atau sekedar disisir bisa mudah putus.

Kamu bisa amati apakah helai rambut tersebut kantong rambut atau tidak (putihh bulat di salah satu ujung). Jika tidak ada kantong rambut maka rambut kamu putus di tengah.

Nah maka dari itu jangan meremehkan perawatan kulit kepala dan rambut yah. Oke sekian dan terima kasih! *critanya malah lupa kasi tips wkwkwkwk

Okeh mari kita simak tipsnya yah.

1.Pre-Shampoo

Tau Nggak kalau hair oil itu bisa digunakan sebagai pre-shampoo lho. Manfaatnya agar kotoran lebih mudah terangkat dan juga lebih melindungi batang rambut dari gesekan ketika kalian shampoo-an (Biasanya shampoo-an kan ada aja tuh yang heboh uwek-uwek rambut sama kulit kepala).

Oh iya untuk kalian yang hobi berenang, KeKeR sarankan kalian pakai hair oil juga sebelum berenang ya untuk melindungi rambut dari kaporit, soalnya kaporit tuh bikin rambut kering. aku dulu setiap habis berenang suka ngrasa rambut kering keset ngga enak banget pas shampoo-an tapi sejak rajin pakai hair oil sebelum berenang jadi ngerasa rambut lebih terlindungi.

2.Shampoo

Nah ini sih standard ya siapa sih yang Nggak shampoo-an. Shampoo berguna untuk membersihkan dan membuka kutikula agar siap untuk perawatan selanjutnya. Tapii shampoo-an tidak cukup hanya sekali lho setiap keramas. Shampoo-an harus 2x yah gank.

Shampoo-an pertama biasanya masih kurang optimum untuk mengangkat kotoran dan minyak. aku kalau shampoo-an pertama biasanya busanya tidak banyak karena shampoo kita masih “bekerja keras” untuk mengangkat minyak dan kotoran. Setelah dibilas dan shampoo-an kedua baru terasa lebih banyak busa dan produk bisa lebih menyerap dengan baik.

3.Hair Mask

  • Bagikan