Begini Loh Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Dini Menurut Ahli

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo gaiss, menjaga kesehatan gigi sejak dini itu sangat penting loh. Kamu nggak mau kak, gigi kamu ompong? Hehe…

Kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting karena gigi dan gusi yang rusak dan tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya.

Nurul Akifah, siswi SMAN 7 Makassar, mengatakan sejak kecil ia selalu diajarkan untuk menggosok gigi dua kali sehari.

“Terutama ketika makan coklat biasanya saya langsung menggosok gigi, dan tentunya sebelum tidur saya akan menggosok gigi terlebih dahulu,” jelasnya.

Berbeda dengan cewek yang hobi bermain basket ini, Dwita Ulya Azizah dari SMAN 16 Makassar, yang baru menyadari pentingnya merawat gigi sejak dini. “Ketika gigi saya mulai berlubang disitulah saya baru menyadarinya, karena dulunya saya sering mengonsumsi air dingin ketika makan makanan panas,” bebernya.

Direktur Utama RSIGM FKG UMI, https://Rsigmfkg.umi.ac.id Drg.Nur Fadhilah Arifin.,MARS, menjelaskan bahwa kesehatan gigi pada anak sangatlah penting dijaga sejak dini. Walaupun gigi anak akan terganti nantinya namun gigi anak ini memiliki banyak fungsi, yaitu membantu proses pengunyahan pada anak.

Hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak guna mendukung pertumbuhan pertumbuhan dan perkembangan anak

Kedua, sebagai pemandu proses pertumbuhan gigi permanen, karena gigi susu memberikan ruang kepada gigi permanen yang akan menggantikannya sehingga gigi permanen dapat tumbuh dalam lengkung rahang Ideal.

Ketiga, gigi susu yang dirawat dengan baik akan membantu merangsang perkembangan wajah dan otot rahang.

  • Bagikan