Begini Loh Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Dini Menurut Ahli

  • Bagikan

Keempat, sakit gigi dapat mengganggu performa anak, makan tidak nyaman, tidur tidak lelap, anak kurang ceria, main pun terganggu.

Kelima, menjaga rasa percaya diri pada anak. Gigi yang bersih dan sehat akan membuat penampilan anak semakin menarik.

Nah, tips menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan penggunaan pasta gigi digunakan setelah anak mampu berkumur. Kedua perkenalkan anak dengan kondisi klinik gigi, dengan mengajak anak kontrol rutin ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali.

Ketiga, mengajarkan anak cara sikat gigi yang baik dan benar. Dapat dengan memberikan contoh secara langsung atau melalui video youtube dapat dilakukan bersama sama di depan cermin terlebih dahulu.

Keempat, sebaiknya membiasakan anak sikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Kelima membiasakan anak mengunyah dua sisi untuk menstimulasi perkembangan rahang sempurna dan menghindari masalah sendi rahang.

Keenam, hindari kebiasaaan menggigit benda (bukan makanan atau merobek kemasan dengan menggunakan gigi).

“Hindari mengkonsumsi makan panas dan dingin dalam waktu bersamaan, karena perubahan suhu yang spontan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi seperti retak, dan makan makanan yang bergizi dan berserat, menghindari makanan manis dan lengket untuk menghindari gigi berlubang,” pungkasnya.

  • Bagikan