5 Cara Mengatasi Panic Attack Tanpa Obat, Efektif dan Mudah Dilakukan

  • Bagikan

3. Temukan Tempat yang Tenang

Beberapa orang mungkin merasa bahwa beberapa pemandangan dan suara dapat meningkatkan serangan panik. Jika memungkinkan, cobalah untuk menemukan tempat yang lebih tenang. Ini bisa berarti meninggalkan ruangan yang ramai atau bersandar di dinding terdekat.Duduk di tempat yang tenang dapat menciptakan ruang mental dan membuat lebih mudah untuk berkonsentrasi pada pernapasan dan strategi mengatasi lainnya.

4. Coba Teknik Relaksasi Otot

Salah satu gejala serangan panik adalah tegangnya otot. Praktik teknik relaksasi otot mungkin membantu membatasi serangan. Jika pikiran merasa bahwa tubuh sedang rileks, gejala lainnya — seperti pernapasan cepat — juga mungkin berkurang.

Teknik yang disebut relaksasi otot progresif adalah metode populer dan efektif untuk mengatasi kecemasan dan serangan panik. Ini melibatkan menegangkan dan kemudian melepaskan berbagai otot secara bergantian. Seseorang dapat melakukannya dengan:-Menahan ketegangan selama 5 detik-Mengucapkan “relaks” saat melepaskan otot-Membiarkan otot rileks selama 10 detik sebelum beralih ke otot berikutnya

5. Bayangkan Tempat Bahagia

Tempat bahagia seseorang seharusnya menjadi tempat di mana mereka merasa rileks, aman, dan tenang. Tempat spesifik ini akan berbeda-beda untuk setiap orang.

Ketika serangan panik dimulai, dapat membantu untuk menutup mata dan membayangkan berada di tempat ini. Bayangkan betapa tenangnya di sana. Orang juga bisa membayangkan kaki telanjang mereka menyentuh tanah yang sejuk, pasir panas, atau permadani yang lembut.

Namun, sebagian orang mungkin mengalami serangan panik pada waktu yang tidak terduga tanpa pemicu spesifik.

Alfina Ali Dollah, Mahasiswa Fbs, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan