5 Cara Mengatasi Panic Attack Tanpa Obat, Efektif dan Mudah Dilakukan

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID-Halo SoKer. Ternyata, panic attack dapat menjadi pengalaman yang menakutkan dan menekan bagi kita lohhh. tetapi memahami cara mengatasi panic attack dapat memberikan alat yang efektif untuk menghadapinya.

Dilansir dari liputan6.com, salah satu cara utamanya untuk mengatasi serangan panik adalah dengan mengingat bahwa perasaan ini akan berlalu.

Dalam momen kecemasan ini, penting untuk menyadari bahwa ini adalah periode kecemasan yang singkat dan tidak akan menyebabkan kerusakan fisik. Cara mengatasi panic attack yang sering dianjurkan adalah dengan menggunakan teknik pernapasan dalam, di mana seseorang fokus pada napas perlahan dan dalam untuk menenangkan diri.

Selain itu, dapat sangat membantu untuk mengenali pemicu-pemicu khusus yang memicu serangan panik dan mencari cara-cara untuk mengelolanya. Dengan memahami pemicu-pemicu tersebut, seseorang dapat mengambil langkah-langkah preventif dan membangun strategi cara mengatasi panic attack yang lebih efektif.

Berikut, ada 5 cara mengatasi panic attack tanpa obat. Untuk info lebih lanjut, mari kita Simak penjelasan dibawah ini yaa SoKer.

1. Ingat Bahwa Ini Akan Berlalu

Selama serangan panik, bisa membantu untuk mengingat bahwa perasaan ini akan berlalu dan tidak menyebabkan kerusakan fisik, meskipun terasa mengganggu pada saat itu. Coba akui bahwa ini adalah periode kecemasan yang singkat dan akan segera berlalu. Serangan panik cenderung mencapai puncaknya dalam 10 menit setelah dimulai, dan kemudian gejalanya akan mulai mereda.

2. Ambil Napas Dalam-dalam

Teknik pernapasan dalam dapat bermanfaat bagi orang dengan gangguan kecemasan dan serangan panik. Serangan panik dapat menyebabkan pernapasan cepat dan rasa sesak di dada, membuat napas menjadi dangkal. Napas dangkal dapat memperburuk perasaan kecemasan dan ketegangan.

Sebagai gantinya, cobalah bernapas secara perlahan dan dalam, berkonsentrasi pada setiap napas. Bernapaslah dengan dalam dari perut, mengisi paru-paru secara perlahan dan mantap sambil menghitung hingga empat pada saat inhalasi dan ekshalasi.

  • Bagikan