Yuk Kenali 5 Manfaat Kosmetik Bagi Kesehatan

  • Bagikan
freepik

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu kandungan kosmetik yang memiliki manfaat ini adalah Niacinamide. Niacinamide dapat digunakan sebagai pelembab pada kegiatan sehari-hari, penggunaan ini sangat efektif dalam meningkatkan fungsi skin barrier, mencegah jerawat, dan perawatan tambahan untuk kesehatan kulit.Namun, bahan ini sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan bahan aktif seperti vitamin C, centella asiatica, dan AHA/BHA.

3. Mencegah Ketombe dan Rambut Rontok

Selain kosmetik yang memiliki kandungan bahan kimia, terdapat pula kosmetik tradisional yang berasal dari bahan-bahan alam. Misalnya penggunaan kosmetika rambut yang mengandung jeruk nipis (citrus aurantifolia Swingle.) dapat mencegah ketombe dan kandungan bunga kembang sepatu (hibiscus rosa-sinensis L.) untuk mencegah rambut rontok.

4. Mengurangi Kecemasan

Kosmetik sering digunakan untuk mengurangi kecemasan akibat kekurangan yang dimiliki. Khususnya pada remaja yang memiliki tingkat insecurity yang tinggi dengan penampilan dan bentuk tubuhnya. Kosmetik dijadikan pelarian untuk menutupi kekurangan tersebut.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Remaja umumnya lebih memperhatikan dan mementingkan penampilan dirinya. Penampilan fisik menjadi hal pertama yang diperhatikan ketika berinteraksi dengan orang lain. Maka tidak heran jika mereka lebih memperhatikan penampilannya, misalnya dengan menggunakan makeup. Penggunaan makeup ini dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Karena dengan menggunakan makeup, mereka merasa lebih menarik dan dapat diterima oleh lingkungannya.

Demikian penjelasan mengenai manfaat kosmetik untuk kesehatan. Apakah kamu sudah merasakan salah satu manfaat tersebut?

Nova Zafira, Mahasiswa Psikologi, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan