Ini 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh Kita Jika Mengonsumsi Terlalu Banyak Gorengan

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Gorengan merupakan makanan yang sangat sering kita temui. Gorengan bisa dimakan sebagai lauk, seperti ayam goreng, ikan goreng, bahkan nasi goreng dan mi goreng. Gorengan juga bisa dijadikan cemilan, seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, risol, dan lain-lain.

Kayaknya susah banget menolak gorengan, apalagi kalau dimakan hangat-hangat. Nah di balik kenikmatannya, ada penyakit berbahaya yang menghantui kita akibat gorengan. Kira-kira apa saja yah penyakit yang bisa muncul jika kebanyakan mengonsumsi gorengan?

Melansir dari laman bumame.com, berikut penyakit yang bisa muncul jika kita terlalu banyak makan gorengan.

1. Kolestrol Tinggi

Gorengan mengandung kadar minyak yang sangat tinggi. Bayangkan saat kamu membeli gorengan di pinggir jalan, minyak yang digunakan sangat berlebihan dan kita tidak tahu sudah berapa kali minyak tersebut digunakan untuk menggoreng. Minyak yang banyak ini mengindikasikan gorengan mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan risiko kolestrol.

2. Penyakit Jantung

Jika di dalam tubuh kita memiliki kadar kolesterol yang tinggi, hal ini dapat memicu penyakit jantung. Penyebabnya adalah minyak dari gorengan tadi akan menciptakan lemak trans yang kemudian menghambat kinerja jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan orang yang gemar makan gorengan akan berisiko terkena penyakit jantung koroner 22% lebih tinggi ketimbang orang yang tidak makan gorengan.

3. Diabetes

Gorengan mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga memicu kenaikan gula darah. Jika pola makanmu tidak beraturan, sering mengonsumsi gorengan, maka kamu wajib hati-hati karena diabetes bisa saja menghampiri.

4. Kanker

Kanker merupakan penyakit paling parah yang mengintai jika kamu sering makan gorengan berlebih. Zat berbahaya yang terdapat di dalam gorengan adalah akrilamida, yakni senyawa karsinogenik atau zat yang memicu kanker. Opsi yang dapat kamu pilih adalah menggoreng sendiri gorenganmu di rumah dengan minyak sekali pakai.

Nah, alangkah baiknya sobat KeKeR mengurangi mengonsumsi gorengan terlalu berlebihan soalnya ngeri banget kalau udah kena efek sampingnya.

~ Nur Zakiatil Khashashah

  • Bagikan