5 Manfaat Blueberry untuk Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini Loh

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR. Blueberry dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin, termasuk vitamin C dan vitamin K. Vitamin C bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh. Sementara itu, vitamin K diketahui bermanfaat untuk mencegah perdarahan dan menjaga kesehatan tulang.

Beragam nutrisi penting yang terkandung di dalam buah blueberry membuat buah ini baik untuk mencegah penuaan dini dan memelihara kesehatan tubuh.

Dilansir dari Kompas.com, Tanaman berbunga ini memiliki beragam kandungan penting yang bermanfaat bagi kulit, blueberry mampu membantu menangani berbagai permasalahan kulit. Rasanya yang manis dan warnanya yang cantik membuat blueberry sangat menarik perhatian. Namun siapa sangka bahwa selain nikmat, blueberry juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan.

Berikut adalah kandungan nutrisi dan beberapa manfaat blueberry untuk kecantikan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Mencegah Penuaan Dini

Blueberry mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang berperan melawan radikal bebas penyebab penuaan di kulit.

Antioksidan di dalam buah blueberry bersumber dari senyawa alami bernama antosianin.

Perlu diketahui, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh seseorang dalam melawan radikal bebas akan menurun.

Hal tersebut menyebabkan kadar radikal bebas menjadi lebih tinggi sehingga dapat merusak sel kulit.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Mengonsumsi blueberry dikaitkan dengan kesehatan jantung dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

Jantung sendiri bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel di dalam tubuh.

Mengonsumsi satu cangkir (148 gram) blueberry per hari dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengirimkan nutrisi dan oksigen ke kulit dan sel lainnya, dan memungkinkan untuk regenerasi sel lebih cepat, sehingga kulit tampak lebih sehat.

3. Meningkatkan Kolagen Secara Alami

Blueberry mengandung antosianin tinggi yang dapat meningkatkan kolagen di dalam tubuh.

Dalam beberapa studi sampel kulit menerapkan antosianin dari buah blueberry ke kulit dan terbukti dapat mengurangi kerusakan kolagen serta meningkatkan produksi kolagen secara keseluruhan.

Mengonsumsi satu cangkir blueberry (148 gram) memiliki kandungan 16 persen dan 19 persen kebutuhan vitamin C harian untuk pria dan wanita. Vitamin C sendiri berperan penting dalam produksi kolagen dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

4. Mengurangi Peradangan Jerawat

Jerawat adalah kondisi peradangan kulit yang umum terjadi akibat pori-pori yang tersumbat, yang menyebabkan perubahan warna kulit atau kemerahan, bengkak, dan benjolan meradang yang disebut pustula atau jerawat.

Blueberry merupakan sumber serat yang baik sekaligus sumber karbohidrat rendah glikemik. Kandungan tersebut mampu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan jerawat.

5. Mencerahkan Kulit

Dilansir dari Greatist, blueberry menjadi salah satu jenis buah yang mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat lengkap untuk mendukung kesehatan, sekaligus kulit yang glowing.

Itulah mengapa mengonsumsi blueberry bisa menjadi pilihan untuk merawat kulit secara signifikan.

Kandungan vitamin C dalam blueberry juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi

Alfina Ali Dollah, Mahasiswa Fbs, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan