5 Bahan Alami Untuk Membuat Masker Wajah, Ada Kopi Lho

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, di era modern ini, wanita tidak hanya dituntut untuk cerdas dan mandiri, tapi juga tampil cantik dan menawan. Kecantikan telah menjadi prioritas utama bagi banyak wanita, dan hal ini tidak dapat dipungkiri.

Nah, buat kalian yang masih merasa kurang percaya diri karena wajah kusam dan kurang perawatan karena jangkauan biaya perawatan ada beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk masker wajah beserta manfaatnya.

1. Pisang

Tidak banyak yang mengetahui bahwa pisang bukan hanya buah yang lezat dan kaya manfaat, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan masker wajah alami yang mudah dibuat dan murah. Masker pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Pisang kaya akan kalium dan vitamin B6 yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap. Kandungan vitamin C dalam pisang membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam.

Pisang juga mengandung enzim bromelain yang membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus dan lembut. Pisang kaya akan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti sinar UV dan polusi. Kandungan antibakteri dalam pisang membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Cara menggunakannya sangant lah mudah Haluskan pisang dengan garpu. Tambahkan madu dan yogurt plain (jika menggunakan). Aduk rata hingga menjadi pasta. Oleskan masker pada wajah dan leher, hindari area mata Diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan vitamin, mineral, dan lemak sehat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Masker alpukat dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, Alpukat kaya akan asam lemak yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.

Kandungan vitamin C dalam alpukat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam. Mengandung vitamin E yang membantu regenerasi sel kulit dan membuat kulit lebih halus dan lembut. Kandungan antibakteri dalam alpukat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Alpukat kaya akan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti sinar UV dan polusi.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung banyak vitamin, mineral, yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, manfaat lidah buaya ketika digunakan sebagai masker wajah.

Lidah buaya kaya akan air yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap. Kandungan vitamin C dalam lidah buaya membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam kemudian mengandung vitamin E yang membantu regenerasi sel kulit dan membuat kulit lebih halus dan lembut.
Kandungan antibakteri dalam lidah buaya membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Lidah buaya kaya akan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti sinar UV dan polusi. Lidah buaya memiliki efek menenangkan dan menyejukkan kulit yang iritasi atau terbakar matahari.

4. Kopi

Kopi bukan hanya minuman yang lezat, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan masker wajah alami yang mudah dibuat dan murah. Masker kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit seperti, memiliki tekstur kasar yang membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus dan cerah. Kandungan kafein dalam kopi membantu mengurangi bengkak pada wajah dan mata

5. Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Madu memiliki sifat antibakteri, anti inflamasi, dan antioksidan yang membantu mengatasi berbagai masalah kulit, membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.

Madu mengandung vitamin C dan enzim yang membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam. Membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus dan lembut. Madu memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Madu kaya akan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti sinar UV dan polusi.

Masker alami merupakan alternatif yang aman dan murah untuk merawat kesehatan kulit. Bahan-bahan alami yang mudah didapat di dapur atau taman dapat memberikan berbagai manfaat untuk kulit, seperti melembapkan, mencerahkan, dan mengatasi jerawat.

Yuk, coba buat masker alami sendiri di rumah! Rasakan manfaatnya untuk kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

Julia Nada Murni, Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris, Universitas Fajar Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR

  • Bagikan