Berikut Cara Memilih Face Oil Sesuai Jenis Kulit Wajah Kamu

  • Bagikan
freepik

Kamu yang memiliki kulit berminyak dan atau rentan berjerawat mungkin bertanya-tanya apakah boleh menggunakan face oil sebagai rangkaian skincare sehari-hari atau tidak. Sebab, penggunaan minyak pada wajah dianggap rentan menimbulkan masalah jerawat.

Untuk mencegah timbulnya jerawat, kamu mungkin bisa memilih face oil dengan kandungan minyak pohon teh, minyak argan, atau grapeseed oil yang teksturnya ringan dan tidak terlalu berminyak. Bahkan, ketiga minyak tersebut diyakini tidak menyumbat pori dan efektif dalam mengendalikan produksi sebum pada kulit.

Meski demikian, para ahli dermatologi mengingatkan bahwa penggunaan face oil pada kulit berminyak dan rentan berjerawat perlu dilakukan secara hati-hati. Sebaiknya, kamu mulai menggunakannya dengan menuangkan beberapa tetes face oil pada pelembap yang biasa kamu gunakan terlebih dahulu.

Lakukan cara pakai face oil 1-2 kali dalam seminggu untuk melihat hasilnya.Jika timbul jerawat, sebaiknya kamu menghentikan penggunaan face oil dengan segera. Lalu, gunakan face oil hanya saat kulit terasa kering.

Pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui cocok tidaknya menggunakan face oil.

4.Kulit kombinasi

Bagi pemilik kulit kombinasi, gunakan face oil dengan kandungan marula oil, minyak jojoba, atau flaxseed oil. Ketiganya diyakini dapat menyerap ke dalam kulit lebih cepat, mengendalikan produksi minyak alami, serta mencegah timbulnya jerawat pada area kulit berminyak.

Minyak biji rami atau flaxseed juga efektif dalam melembapkan area kulit yang kering serta meminimalisir kerutan. Kamu bisa menggunakan minyak pada wajah dan leher setelah tahapan mencuci muka. Gunakan face oil sebelum menggunakan pelembap di malam hari.

5.Kulit sensitifJika kamu memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati dalam menggunakan face oil. Face oil dengan kandungan tea tree oil diyakini baik untuk merawat kulit sensitif yang rentan iritasi.

Namun, selalu lakukan tes pada area kulit siku sebelum menggunakan face oil. Jika kulit sensitif kamu  disebabkan oleh kulit yang kering, sebaiknya pilih minyak yang memberi efek menenangkan pada kulit dan meningkatkan hidrasinya. (*)

  • Bagikan