Ini Arti Self Sabotage dan Penyebab Terjadinya

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR, terkadang kamu pasti tidak menyadari bahwa kamu sedang melawan diri sendiri dan mempersulit diri sendiri untuk mencapai tujuan. Semua orang pasti ingin bahagia dan sukses, tapi jangan sampai tujuan kamu rusak karena perilaku dan pikiran kamu sendiri.

Nah, jika kamu mengalami hal itu, berarti kamu sedang mengalami yang namanya self sabotage atau menyabotase diri sendiri. Ini merupakan sebuah tindakan atau perilaku yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar yang sudah mempengaruhi diri kamu sendiri secara negatif. Self-sabotage juga dapat mengacu pada perilaku atau pola pikir yang menahan dan mencegah kamu melakukan apa yang ingin kamu lakukan nih SoKeR.

Andi Kiani Nurika Amri, Siswi SMAN 21 Makassar, mengaku pernah mengalami self sabotage. Dalam keseharian doski, ia kadang merasa kesulitan dalam mengatur jadwal sehari-harinya. “Saya melakukan segala sesuatu secara acak tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu, karena saya bukanlah orang yang terpaku pada rencana,” ungkap Kiani.

Sama halnya dengan Putrytara Shafira Al hambra dari SMAN 3 Maros. Doski selalu merasa insecure yang berlebihan ketika melakukan sesuatu. “Saya selalu merasa iri dengan orang lain yang serba bisa,” cuap si cewek manis ini.

  • Bagikan