Hati-Hati, Ini Loh 7 Penyebab Pikun di Usia Muda

  • Bagikan

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk akan mengganggu konsentrasi hingga ingatan yang buruk. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab kamu menjadi pikun di usia muda.

Kurang tidur membuat kamu menjadi tidak fokus seharian sehingga tidak dapat mencerna informasi yang masuk ataupun tidak mampu mengingat dengan baik. Selain itu, gangguan tidur cenderung meningkatkan risiko berbagai penyakit sehingga memungkinkan mengalami gangguan di otak. Misalnya gangguan aliran darah ke otak sehingga pasokan oksigen berkurang. Akibatnya, kemampuan otak untuk bekerja dengan baik pun berkurang.

5.Anemia

Salah satu keadaan medis yang dapat menjadi penyebab seseorang pikun di usia muda adalah anemia. Kondisi ini terjadi ketika seseorang tidak memiliki sel darah merah dalam jumlah yang cukup. Padahal, sel darah merah memiliki fungsi untuk mengantarkan oksigen ke berbagai jaringan yang terdapat di dalam tubuh.

Berbagai gejala yang sering dikeluhkan seseorang dengan anemia, yaitu keluhan lemas, lelah, dan tidak berkonsentrasi. Jenis anemia yang kerap menyerang adalah anemia defisiensi besi yang disebabkan oleh rendahnya kadar zat besi di dalam tubuh. Salah satu penyebab kekurangan besi adalah asupan yang tidak cukup bergizi.

Selain itu, anemia defisiensi besi juga dapat disebabkan oleh kehilangan darah, misalnya perdarahan menstruasi yang berat, atau perdarahan saluran cerna.

Salah satu cara mencegah pikun di usia muda akibat anemia defisiensi besi, yakni dengan menghindari kekurangan zat besi dalam tubuh.

Pastikan bahwa diet yang kamu lakukan mencakup berbagai vitamin dan zat gizi, termasuk zat besi (daging, kacang-kacangan, sereal yang difortifikasi zat besi, dan sayuran hijau), asam folat (buah-buahan dan sayuran hijau), serta vitamin B12 (daging dan produk susu).

6.Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol dapat memengaruhi ingatan jangka pendek. Oleh sebab itu, kebiasaan ini dapat menjadi penyebab pikun di usia muda.Tidak hanya pada saat di bawah pengaruh alkohol, ingatan juga akan terganggu ketika pengaruhnya sudah hilang atau sudah sadar sepenuhnya. 

Tidak jarang, remaja atau usia muda yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah cukup banyak dan mabuk tidak mampu mengingat apa yang dilakukannya pada saat di bawah pengaruh alkohol.

7.Pengaruh Obat

Beberapa obat seperti antidepresan atau obat psikotik lainnya dapat menyebabkan gangguan ingatan. Obat-obatan ini juga menyebabkan sedasi sehingga memengaruhi ingatan.

Pikun mungkin biasa dialami oleh para lansia karena kondisi otak yang telah melemah. Namun, bila kondisi ini dialami oleh kamu yang masih berusia muda, kamu perlu mengatasinya sedini mungkin. Bila tidak, kualitas otak kamu akan semakin memburuk dan produktivitas pun ikut menurun.

Untuk menghilangkan pikun di usia muda, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. (*)

  • Bagikan