Menjadi Celah Untuk Kejahatan Siber, Ini Loh 5 Bahaya Oversharing di Media Sosial

  • Bagikan
freepik

3.Terjadi Perundungan

Ketika kamu sering melakukan oversharing di media sosial, apa saja bisa dijadikan bahan perundungan atau bullying. Pengalaman masa lalu, pengalaman buruk, penampilan, atau bahkan lainnya dapat menjadi masalah baru.

Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan mental. Apalagi masalah kesehatan mental akhir-akhir ini menjadi masalah yang cukup krusial, bahkan dapat menghilangkan nyawa seseorang.

4.Merusak Reputasi

Bahaya lain yang diakibatkan oleh oversharing adalah rusaknya reputasi. Jika kamu masih ingin memiliki karir yang baik dan pendidikan, maka kamu harus menjaga reputasi.

Oleh karena itu, kamu harus memilah informasi yang layak dibagikan di media sosial dan yang tidak agar kamu terhindar dari masalah ini. Bahkan, melakukan oversharing juga dapat memudahkan orang lain untuk melakukan niat jahat, lho.

5.Pembobolan Kata Sandi

Oversharing juga dapat memberikan celah bagi seseorang untuk melakukan pembobolan kata sandi. Seperti contohnya fitur Instagram ‘add yours’ yang berisikan pertanyaan tanggal lahir.

Nah, biasanya kebanyakan orang memasang password berupa tanggal lahir atau nama lain yang mudah ditebak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memberikan informasi pribadi di media sosial.

Itulah beberapa bahaya oversharing di media sosial. Semua yang kamu bagikan di media sosial dapat menjadi konsumsi publik dan dapat menjadi celah terjadinya cyber crime. (*)

  • Bagikan