Manfaat Kebugaran Jasmani Untuk Pemain Sepak Bola

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik agar dapat melaksanakan pekerjaan secara efektif dan efisien.

Pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa merasakan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.Agar memiliki kebugaran jasmani yang baik, maka diperlukan namanya latihan.

Dilansir dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk Kelas VIII SMP, terbitan Kementerian Pendidikan Nasional, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat kebugaran jasmani.

Selain itu, latihan kebugaran jasmani yang dilakukan secara teratur akan membantu seseorang mengurangi resiko penyakit berat seperti stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, beberapa tipe kanker, dan penyakit-penyakit pencernaan.

Adapun unsur-unsur kebugaran jasmani yang berhubungan dengan konsep kebugaran jasmani dalam kehidupan sehari-hari, antara lain kekuatan, daya tahan, dan keseimbangan.

Komponen kondisi fisik kebugaran jasmani yang diperlukan dalam cabang olahraga sepak bola adalah sebagai berikut.

Kekuatan Seorang pesepak bola harus memiliki kekuatan atau strength. Sebab, ketika bertanding di lapangan, dia akan banyak melakukan gerakan. Kekuatan adalah kemampuan otot tubuh untuk melakukan kontraksi guna membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan.

Daya tahan Daya tahan atau endurance adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan sistem jantung, paru-paru atau sistem pernapasan, dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus dan tidak pernah berhenti. Kebugaran jasmani daya tahan dalam cabang olahraga sepak bola berkaitan dengan stamina seorang pemain. Saat melakoni pertandingan, seorang pemain akan banyak berlari di lapangan. Oleh karena itu, dia harus memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Kecepatan Kecepatan berarti kemampuan fisik tubuh untuk bisa bergerak atau menggerakkan tubuh secepat mungkin. Rutin melakukan latihan kecepatan bisa membuat seseorang bergerak lebih tangkas.

Dalam permainan sepak bola, 22 pemain di lapangan akan berebut bola. Hal ini menuntut seorang pesepak bola memiliki kecepatan dalam bergerak atau berlari.

Reporter: Muh.shoadikin

  • Bagikan