Ini Loh 7 Tips Buat Kamu Untuk Menghadapi Kesedihan

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai sobat KeKeR! Kita lagi mau bahas tentang cara mengatasi rasa sedih nih, tapi inget ya, jangan asal pilih cara karena gak semua cara cocok buat setiap orang, terutama yang masih remaja. Makanya, sebelum nyoba, penting banget nih buat kalian perhatiin dulu beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan untuk menghadapi kesedihan.

1. Jangan Berlebihan dalam Meratapi

Penting banget, SoKeR, untuk ngizinin diri kalian merasa sedih. Tapi, jangan sampe berlarut-larut dalam kesedihan, ya. Setiap emosi itu penting, tapi kalian juga harus bisa bangkit dari rasa sedih itu dengan lebih kuat.

2. Hindari Isolasi Diri

Saat merasa sedih, jangan sampai kalian merasa sendirian. Cari temen deket atau keluarga buat curhat atau sekadar bersama-sama. Dukungan emosional dari orang terdekat itu sangat berarti lho, SoKeR!

3. Jangan Terpaku pada Hal-hal Negatif

Cobain deh untuk ngalihin perhatian dari hal-hal yang bikin sedih ke hal-hal yang positif. Misalnya, nikmatin hal-hal kecil yang bisa bikin bahagia, kayak dengerin musik atau main sama hewan peliharaan.

4. Hindari Menyimpan Perasaan Sendirian

Kalo susah ngungkapin perasaan secara langsung, cobain deh untuk nulis. Menulis bisa jadi cara yang efektif buat luapin perasaan tanpa takut dihakimi.

5. Jauhi Kegiatan yang Merugikan

Cari kegiatan yang bikin kamu bahagia dan terlibat aktif di dalamnya. Tapi, hindari juga kegiatan yang bisa bikin situasi makin rumit atau bikin kamu makin sedih, ya.

6. Jangan Takut Minta Bantuan

Kalo rasa sedihnya bener-bener berat dan susah diatasi sendiri, jangan ragu buat minta bantuan dari yang profesional seperti psikolog atau konselor. Mereka bisa kasih pandangan objektif dan dukungan yang kalian butuhin.

7. Hindari Menekan Perkembangan Diri

Saat sedang merasakan kesedihan, jangan sampai melupakan perkembangan diri kalian. Mungkin ini waktu yang tepat buat merenung, merancang tujuan baru, atau mengembangkan diri.

SoKeR, setiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk mengatasi kesedihan. Tapi, yang penting, jangan main-main dengan rasa sedih itu. Kalian lebih kuat dari yang kalian kira, SoKeR!

Alim Fakhri, Mahasiswa Psikologi, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan