8 Anime Makoto Shinkai yang Bikin Baper Parah, Ada Suzume No Tojimari

  • Bagikan
google

Film ini bercerita tentang Takao Akizuki dan Yukari Yukino yang tak sengaja bertemu di sebuah halte. Keduanya pun mulai saling bercerita tentang banyak hal hingga akhirnya benih-benih cinta tumbuh.

Meski sering mengobrol, Takao dan Yukari sama sekali tak membicarakan soal kehidupan pribadi.

Sampai akhirnya Takao mengetahui bahwa Yukari adalah guru yang mengajar di sekolahnya. Apakah cinta dengan rentang usia dan latar belakang jauh berbeda ini akan tersampaikan?

5.Someone’s Gaze (2013)

Someone’s Gaze adalah film animasi pendek yang hanya berdurasi selama 6 menit. Anime dengan tema keluarga ini menceritakan tentang anak kecil bernama Aya yang tumbuh bersama ayah dan kucingnya.

Saat tumbuh dewasa, Aya pun mulai sibuk dengan kehidupannya sebagai wanita karier.

Tahun-tahun berlalu, gadis itu semakin mandiri dan jauh dari rumah. Hingga akhirnya kematian kucing kesayangannya membuat Aya menyadari satu hal penting yang selama ini terabaikan.

6.Your Name (2016)

Bisa dikatakan bahwa anime Your Name (Kimi no Na Wa) adalah film yang membesarkan nama Makoto Shinkai.

Film tersebut jadi yang terlaris di Jepang pada tahun 2016, menembus penjualan hingga USD 380 juta secara internasional. Pencapaian ini tercatat dalam sejarah, mengalahkan angka penjualan Spirited Away yang sebelumnya memegang rekor.

Film karya Makoto Shinkai ini juga menyabet berbagai penghargaan, misalnya piala Best Director di Tokyo Anime Award Festival 2017. Kimi no Na Wa bercerita tentang gadis desa bernama Mitsuha yang tiba-tiba bertukar tubuh dengan Taki, seorang siswa SMA di Tokyo.

Fenomena ini dikaitkan dengan legenda kuil yang dijaga oleh keluarga Mitsuha dari generasi ke generasi. Namun suatu hari, terjadi keanehan yang membuat Taki penasaran. Selain berhenti bertukar tubuh, Taki menyadari bahwa eksistensi Mitsuha tiba-tiba terhapus. Ia pun pergi mencari tahu lebih jauh perihal siapa sosok Mitsuha sebenarnya.

7.Weathering With You (2019)

Weathering With You tercatat sebagai film Jepang terlaris di 2019 yang berhasil menembus angka penjualan sebesar USD 193,65 juta.

Kisah ini dimulai ketika anak SMA bernama Hodaka Morishima meninggalkan desa demi mengadu nasib di Tokyo. Tanpa sengaja ia bertemu dengan Hina, seorang gadis yatim piatu yang punya kekuatan aneh.

Kemampuan mengendalikan cuaca milik Hina merujuk pada cerita legenda Jepang. Hodaka dan Hina pun memanfaatkan kemampuan ini untuk mencari keuntungan. Namun seiring berjalannya waktu, banyak konflik yang muncul di antara mereka berdua.

8.Suzume No Tojimari (2022)

Film Suzume No Tojimari sudah mulai tayang di bioskop Indonesia pada 8 Maret 2023 kemarin. Film Suzume no Tojimari dalam alur ceritanya mengisahkan tentang seorang gadis yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sesosok pemuda misterius.

Keduanya bertemu usai pemuda misterius tersebut mencoba mencegah terjadinya rentetan bencana yang akan melanda seluruh penjuru negeri. Gadis bernama Suzume yang masih berusia 17 tahun itu akhirnya memilih untuk mengikuti jejak si pemuda misterius.

Seakan-akan menjadi satu-satunya benda yang tersisa di tanah Jepang, Suzume menemukan sebuah pintu di reruntuhan pegunungan. Ketika Suzume hendak meraih pintu yang ada dihadapannya tersebut, gadis itu justru tertarik secara tiba-tiba hingga masuk ke dalam pintu.

Kemudian pintu-pintu yang menarik masuk tubuh gadis itu terbuka satu per dan silih berganti satu secara perlahan. Setiap pintu yang terbuka akan mendatangkan bencana dari sisi lain negara Jepang. Oleh karena itu, Suzume harus menutup seluruh pintu untuk mencegah bencana agar tidak meluluhlantahkan Jepang.

Selain ceritanya yang fantastis dan mengharukan, film animasi Makoto Shinkai kerap kali dibumbui dengan plot twist anti gagal. Ditambah lagi, soundtrack anime membuat penonton semakin terbawa suasana dan terkenang dengan setiap adegan di film. (*)

  • Bagikan