5 Tips Menahan Diri Supaya Kamu Tidak Overthinking, Hidup Jadi Nyaman

  • Bagikan
freepik

3.Tetapkan batas waktu untuk diri kamu mengambil keputusan

Cara yang paling mudah untuk mengatasi overthinking adalah dengan menetapkan batas waktu bagi diri kamu untuk berpikir dan kapan kamu sudah harus menetapkan suatu keputusan bagi diri sendiri. Terlalu banyak berpikir tanpa ada titik kejelasan hanya akan membuang-buang waktu dan energi kamu.

Ketimbang menenggelamkan diri dari pemikiran yang tidak penting dan terus berulang, akan lebih baik bagi kamu untuk menentukan pilihan keputusan mana yang akan diambil. Meski begitu, kamu jangan-jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, ya.

4.Perbanyak ambil tindakan

Cara menghilangkan overthinking ini memang yang paling penting sekaligus mungkin yang paling sulit. Namun, jika ingin mengubah hidup, kamu perlu mengambil tindakan sekarang juga.

Jika kamu hanya berpikir, ini tidak akan membuahkan hasil. Membicarakan hal ini mungkin mudah, tapi praktiknya yang susah. Namun, kamu harus memotivasi diri sendiri.

Mulailah dengan tindakan kecil saja dulu, tapi rencanakan target kamu. Mulai dengan pertanyaan, “apa yang telah saya lakukan hari ini untuk mencapai target saya?”. Tanyakan hal tersebut pada diri kamu setiap hari. Mungkin hal ini dapat membantu. Beranikan diri kamu untuk mengambil tindakan, walaupun kecil. Satu lagi, jangan terlalu banyak memikirkan pendapat orang lain tentang kamu.

5.Jangan biarkan diri kamu tenggelam dalam penyesalan

Orang yang overthinking, kerap kali tenggelam dalam penyesalan ketika salah mengambil keputusan. Umumnya saat seseorang overthinking, akan ada banyak skenario kemungkinan “seandainya”. Hal ini seringkali membuat orang yang overthinking membandingkan skenario tersebut, dengan kenyataan yang mereka hadapi. Bukannya membuat mereka jadi lebih baik, malahan pemikiran tersebut bisa menimbulkan stres.

Jadi, ketimbang kamu menyesal dan tenggelam pada kondisi tersebut, akan lebih baik jika kamu move on. Cobalah untuk belajar dari kesalahan tersebut dan menjadikannya sebagai refleksi diri, agar kamu tidak lagi salah mengambil keputusan di kemudian hari. (*)

  • Bagikan