Hindari 9 Jenis Menu Buka Puasa Ini, Bisa Menggangu Kesehatan Loh

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, momen paling khas selama bulan suci Ramadan adalah waktu sahur dan iftar. Untuk menambah pahala dan kekhusyukan, umat Islam disarankan untuk mencontoh kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Beliau memiliki pola makan yang sehat untuk sahur dan berbuka puasa.

Dilansir dari SBBKAB berikut ini menu yang perlu diperhatikan saat berbuka.

1. Makanan Berlemak

Ada baiknya mengonsumsi makanan berlemak secukupnya saja. Selain itu, makanan yang digoreng akan disimpan di dalam tubuh menjadi lemak dan dapat meningkatkan risiko obesitas

2. Makanan yang Tinggi Gula

Memang betul minum atau makanan yang manis disarankan saat berbuka puasa. Namun, perhatikan porsinya agar tidak berlebihan karena dapat meningkatkan risiko obesitas. Jika ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang manis untuk buka puasa, bisa memilih buah seperti kurma.

3. Makanan yang Terlalu Asam dan Pedas

Makanan asam dan pedas dianggap dapat memicu maag. Sakit maag atau gastritis merupakan peradangan yang terjadi di lapisan lambung.

4. Makanan Tinggi Serat

Beberapa makanan tinggi serat dapat membuat seseorang memproduksi gas di dalam saluran cerna lebih banyak, terutama jika dikonsumsi saat buka puasa. Contoh makanan tinggi serat adalah kacang-kacangan, kol, tauge, bawang, nasi merah, ubi, dan gandum. Akibatnya perut akan terasa kembung dan begah.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau berkarbonasi sebaiknya dihindari saat buka puasa.

6. Mie Instan

Mie instan memang terkenal enak dan praktis. Namun, perlu diingat, mengonsumsi mie instan dapat membuat tubuh kesulitan untuk menyerap nutrisi baik dari bahan makanan lainnya. Sebaiknya, hindari makan mie instan agar sobat bisa mendapatkan nutrisi penuh saat berpuasa.

7. Minuman yang Berkafein

Kafein pada kopi dapat meningkatkan pelepasan asam di lambung yang masih kosong. Hal ini akan mengganggu sistem pencernaan sobat untuk bekerja secara optimal.

8. Makanan Kaleng

Mengonsumsi makanan kaleng membuat sobat tidak mendapatkan nutrisi terbaik untuk tubuh. Selain itu, banyaknya kandungan kimia seperti zat pengawet membuat makanan kaleng memiliki nilai gizi yang sangat rendah.

9. Makanan Tinggi Garam

Selain dapat memicu hipertensi, makanan yang mengandung tinggi garam dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Apalagi saat berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan tubuh sehingga rentan mengalami dehidrasi.

Nah sobat KeKeR, itulah menu buka puasa yang perlu dihindari, boleh memakannya tetapi secukupnya demi kesehatan terjaga di bulan puasa. Semoga bermanfaat sobat.

Den Santi, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan