Termasuk Pelecehan Verbal, Ini Kata Sobat KeKeR Tentang Catcalling yang Bikin Risih

  • Whatsapp
Photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, kalian pernah nggak ketika di jalan menjumpai seseorang yang bersiul dan berkomentar dengan nada menggoda ke kamu? Sikap mengganggu ini disebut dengan catcalling loh.

Yups, Catcalling merupakan siulan, panggilan, dan komentar yang menggoda dari seorang laki-laki kepada perempuan yang lewat di hadapannya. Sikap catcalling ini dapat berkembang menjadi street harassment, yakni pelecehan seksual di tempat umum.

Bacaan Lainnya

Umumnya, kaum laki-laki menganggap hal ini sebagai bentuk keisengannya saja, tetapi hal ini membuat korbannya sangat tidak nyaman. Menurut Nabila Aulya IF Siswi SMA Wahyu Makassar, ia bilang perilaku catcalling menurutnya tidak dapat ditolerir sebab membuat risih dan merendahkan wanita. “Saat mendapat catcaling begitu rasanya tidak nyaman sekali dan risih, hal seperti ini tidak dapat ditolerir sebab, jatuhnya seperti merendahkan wanita,” ucap Nabila.

Fitri Widya Kadarsih, Siswi SMKN 2 Makassar, mengatakan perlakuan catcalling terjadi bukan hanya di lingkungan sekolah, tetapi sering juga terjadi di luar sekolah, dan pelaku catcaller tidak mengenal batasan umur.

“Catcalling ini bukan hanya sering dilakukan oleh teman di sekolah, bahkan di luar sekolah sering saya jumpai hal beginian. Biasanya, cowok yang tidak saya kenal yang melakukan catcalling, ada yang umurnya lebih tua dari saya ada juga yang keliatan se-umuran dengan saya,”bebernya.

Pos terkait