Takut Hipertensi, Ahli Mengatakan Minum Ini Saat Hari Raya

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuuu, Setelah menahan lapar dan haus selama berpuasa satu bulan penuh, tentu momen Hari Raya Idul fitri menjadi momen yang paling dinantikan. Salah satu menu wajib yang selalu ada di momen lebaran tentu saja makanan berlemak dan minuman manis.

Lebaran identik dengan makanan bersantan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, Anda perlu menyeimbanginya dengan mengonsumsi minuman sehat, agar kondisi tetap prima saat Lebaran.

Ahli Gizi Unhas Prof dr Veni Hadju Msc PhD menjelaskan jenis minuman sehat cukup banyak dan bervariasi, seperti teh, infused water, jus buah, dan minuman sari buah lainnya untuk dapat dihidangkan saat Lebaran, minuman-minuman ini juga mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Anda hanya perlu menghindari minuman dengan kadar gula yang tinggi seperti yang ada dipasaran.

“Pantangannya minuman yang terlalu manis seperti soft drink dan semacamnya. Bukannya dilarang sama sekali tetapi, perlu membatasi mengonsumsinya agar tidak timbul masalah kesehatan di kemudian harinya,” ucapnya.

Ahli Gizi Dr Andi Nurlinda SKM Mkes menyebutkan makanan asin, berlemak, dan tinggi kolesterol yang umum dihidangkan saat Lebaran bisa saja menyebabkan peningkatan tekanan darah.

  • Bagikan