Yuk Mulai Coba Manajemen Waktu yang Praktis, Ini 5 Caranya

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo Sobat KeKeR, setiap orang mendapatkan beban tugas dan pekerjaan masing-masing. Misalkan seorang pelajar ditugaskan untuk belajar. Padahal ada banyak pekerjaan lain yang harus ia lakukan. Di sinilah pentingnya seorang pelajar memanajemen waktu secara baik supaya yang menjadi cita-citanya dapat mereka raih dengan baik.

Manajemen waktu belajar adalah suatu proses mengatur jadwal belajar secara baik dan terstruktur. Dari mulai belajar yang paling penting ke belajar yang penting hingga tambahan. Contoh manajemen waktu belajar adalah dengan membuat jadwal kegiatan belajar harian. Jadwal belajar ini bisa ditulis pada aplikasi di handphone atau kalender maupun selembar kertas.

Berikut 5 cara manajemen waktu yang praktis

1. Jangan terlalu ketat

Ketika membuat jadwal kegiatan sehari-hari maka usahakan jangan membuat jadwal terlalu ketat. Misalkan jam enam pagi belajar di rumah. Kemudian makan dan minum. Selanjutnya, jam tujuh pagi berangkat ke sekolah.

2. Aturan imbalan dan sanksi

Terapkanlah pada jadwal kegiatan sehari-hari itu sistem sangsi. Jika ada salah satu kegiatan yang tak dilakukan maka kamu bisa menghukum diri sendiri dengan hal ringan. Misalkan kamu telah berhasil menyelesaikan jadwal kegiatan sehari-hari-hari maka kamu bisa memberikan imbalan bagi diri sendiri. Misalkan makan menu makanan yang kamu sukai atau melakukan suatu hobi dan imbalan lainnya untuk memanjakan diri sendiri.

  • Bagikan