4 Dampak Galau Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hiii Sobat KeKeR, kamu selalu merasa galau? jangan terlalu larut dalam kegalauan yah guys, galau atau kondisi hati tak tenang akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi tersebut bisa berujung pada peningkatan risiko berbagai penyakit loh.

Sebenarnya sih galau gak ada yang larang kok, tapi jika kamu merasakan kesedihan yang berkepanjangan itu perlu dihindari yah. Coba cari orang yang bisa kamu ajak berbagi keluh kesah, ya lebih bagus lagi kalau kepada psikolog atau psikiater.

Nah, dilansir dari klikdokter.com, berikut dampak galau bagi kesehatan.

1. Depresi

Salah satu dampak kesepian adalah timbulnya depresi. Tanda dan gejala depresi meliputi berkurangnya kesenangan atau tidak bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari, merasa sedih atau sering menangis sepanjang hari, mengalami gangguan tidur, pikiran ingin bunuh diri, dan sebagainya.

Jadi, jika kamu mulai mengeluhkan adanya berbagai gejala tersebut, jangan sungkan untuk mencari pertolongan dari teman atau pusat kesehatan terdekat.

2. Penyakit Jantung

Saat kamu mengalami patah hati yang membuat stres, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin dan kortisol secara berlebihan. Pada dosis kecil, hormon ini dapat meningkatkan denyut jantung. Namun jika berlebihan dapat berakibat fatal untuk jantung loh guys.

3. Gangguan Makan

Jika galau, apakah kamu menjadikan makanan sebagai pelarian? berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Psychology Interdisciplinary and Applied pada tahun 2012, ada hubungan antara gangguan makan dengan kesepian. Gangguan makan yang terjadi bisa beragam mulai dari anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan binge eating disorder.

  • Bagikan